Petani Beji Panen Kedelai, Hasilnya 1,9 Ton per Hektar

oleh -4201 Dilihat
oleh

GUNUNGKIDUL, (KH),— Gapoktan Sedyo Mulyo Padukuhan Beji, Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul memulai panen raya kedelai. Produktivitas yang dihasilkan pun cukup baik.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta hadir turut mengawali panen raya, Selasa (22/8/2023).

“Pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Gunungkidul. Produktivitas hasil perkebunan dan pertanian yang dihasilkan cukup beragam, baik buah, sayur, maupun palawija,” kata Sunaryanta.

Adapun luas lahan kedelai yang ditanam di Padukuhan Beji mencapai 42 Ha. Sedangkan produktivitasnya mencapai 1,9 ton/Ha.

Selain panen kedelai, panen kacang tanah menyusul dilakukan bersama dengan kelompok tani Tani Lestari Padukuhan Jelok. Luas lahan panen mencapai 15 Ha dengan hasil 1.6 ton/Ha (Wose).

“Padukuhan Jelok ini merupakan salah satu Padukuhan dengan penghasil produksi tanaman pangan terbanyak di Kalurahan Beji, terutama untuk komoditas Tanaman Padi dan Palawija,” papar Sukriyanto selaku Ketua Kelompok Tani.

Kegiatan panen bersama bupati ditutup dengan kegiatan panen Kelapa Genjah bersama dengan Bumdes Migunani Beji. Ada 100 batang pohon kelapa yang dipanen pada lahan seluas 2000 m².

Kawasan lahan penanaman kelapa cukup menarik. Bupati berharap lahan Kelapa Genjah dapat dikembangkan menjadi agrowisata

“Segenap potensi perlu dicoba digarap, agar masyarakat sendiri yang nanti memanen,” kata Sunaryanta. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar