Pantai Nglambor, Pandawa Versi Jogja

oleh -5865 Dilihat
oleh
Nglambor
Pantai Nglambor. (Foto: IG @gunadieko)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang terletak di Padukuhan Ngandong, Desa Purwodadi , Kecamatan Tepus. Pantai ini masih sangat alami serta sangat asri pemandangannya. Kekayaan biota lautnya pun beraneka ragam.

Potensi yang dimiliki pantai ini ditangkap oleh oleh pelaku wisata sebagai area konservasi terumbu karang dan rumput laut. Ekosistem bawah air Pantai Nglambor kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata minat khusus, seperti senorkeling.

Gelombang laut pantai selatan sangat berbahaya. Namun, berenang dan menyelam di perairan dangkal memungkinkan dilakukan di pantai ini. Sebab, ada dua batu yakni “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul” menjinakkan ombak-ombak garang agar tak terlalu keras menghempas bibir pantai.

Banyak yang bilang Pantai Nglambor mirip Pantai Pandawa di Pulau Bali. Bermain ke pantai ini wisatawan akan merasakan sensasi berwisata di Pulau Bali.

Ke pantai ini wisatawan tak akan merogoh kocek dalam-dalam. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Retribusi ini jadi satu dengan Pantai Siung. Sedangkan parkir kendaraan dikenakan tarif Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Dikarenakan parkirnya cukup jauh, di sana ditawarkan jasa ojek menuju pinggir pantai sebesar Rp5.000.

Wisatawan yang menghendaki menyelam namun tak membawa sendiri perlengkapannya, di pantai ini sudah tersedia tempat menyewa paket senorkeling lengkap dengan harga terjangkau.

Berangkat ke pantai Nglamor, apabila dari kota Jogja arahkan perjalanan melalui Wonosari. Lalu, dari sana lanjut ke Jalan Baron. Sesampainya di pertigaan Mulo, ambil arah ke kiri atau Menthel, Bintaos hingga Tepus, kemudian menuju Desa Purwodadi. Setelah masuk Purwodadi, ambi jalan masuk menuju ke pos retribusi Pantai Siung dan Pantai Nglambor.

Agar sampai di bibir panti, wisatawan bisa pula menempuh perjalanan jalan kaki atau trekking dengan durasi sekitar lima belas menit dari tempat parkir. Lelah perjalanan akan terbayar setelah tiba di pantai ini. Dari ketinggian Pantai Nglambor menyajikan panorama yang sangat indah.

Sedekah Laut Ngalangi Pantai Nglambor

Kelangsungan ekosistem Pantai Nglambor sangat terjaga. Masyarakat Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul punya cara khusus agar biota laut tidak punah.

Alasannya jelas. Sebab, kawasan pantai ini merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya.

Tradisi kearifan lokal disebut upacara sedekah laut Ngalangi. “Ngalangi” dalam bahasa Jawa berarti menghalangi atau melarang. Masyarakat sekitar pantai Nglambor melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan.

Prosesi penangkapan ikan pun dilakukan dengan mempertimbangkan kelangsungan hidup biota laut. Penangkapan ikan hanya menggunakan gawar, semacam jaring dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan dihalau bersama-sama ke laut oleh nelayan. (red)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar