Pantai Nglambor Pusat Konservasi Terumbu Karang dan Rumput Laut

oleh -
iklan dispar

TEPUS, kabarhandayani.– Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang terletak di Padukuhan Ngandong, Desa Purwodadi , Kecamatan Tepus. Pantai ini masih sangat alami serta sangat asri pemandangannya. Kekayaan biota lautnya pun beraneka ragam.
Pantai Nglambor masih alami dan berpotensi untuk dikelola sebagai area konservasi terumbu karang dan rumput laut. Adalah Ganef Dwi Yudono SPd yang tergerak hatinya untuk melakukan konservasi kehidupan bawah air di pantai ini.
Finalis Pemuda Pelopor Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang berhasil menjuarai Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Gunungkidul untuk bidang sumber daya alam ini mengungkapkan, kehidupan bawah air Pantai Nglambor sangat bagus dan bisa dikembangkan untuk dijadikan destinasi wisata.
“Snorkling bisa dikembangkan di kawasan ini. Karena selain biota laut dan terumbu karang yang bagus, pantai ini masih alami dan belum banyak pengunjungnya. Jika tidak dilakukan penataan dan penyelamatan sejak dini, takutnya nanti jika pengunjung pantai membludak, akan merusak ekosistem terumbu karang dan rumput laut, sehingga biota laut yakni ikan-ikan kecil akan pergi meninggalkan Pantai Nglambor,” Ujar Ganef, Selasa (26/8/2014).
Pemerintah Desa Purwodadi, melalui Kabag Ekobang Suroyo SSos menjelaskan, Pemerintah Desa Purwodadi sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Ganef dan kawan-kawan. Harus ada yang berani mengawali untuk melakukan penyelamatan wilayah-wilayah yang rawan terhadap kerusakan.
“Selaku Pemerintah Desa Purwodadi, kami mendukung penuh apa yang dilakukan oleh mas Ganef. Karena, jika usaha itu berhasil, maka wisatawan dalam dan luar negeri akan datang ke Desa Purwodadi untuk berwisata, dan akhirnya imbasnya roda perekonomian masyarakat akan menjadi lebih baik,” papar Suroyo.
Dari keterangan yang didapat KH, sejumlah rombongan dinas dari SKPD (Satuan Kerja Pelaksana Daerah) Kabupaten Gunungkidul dan Kakanwil DIY yang berkunjung ke Pantai Nglambor menyatakan bahwa keindahan Pantai Nglambor bisa seperti di Pulau Bali, jika diolah secara benar-benar. Bahkan menurut salah satu rombongan, jika digarap serius maka akan menyamai pantai-pantai  di Pulau Bali.
“Tekstur pantai Nglambor sangat Mirip dengan pantai baru di Bali bernama Pantai Pandawa, jika diolah niscaya bukan hanya keindahan bawah lautnya saja yang sudah menjadi bonus, tetapi akan menciptakan suasana Bali di Gunungkidul”, ujar Ari salah satu rombongan. (Agus-Jhody/Hfs)

Komentar

Komentar