Fotografer Pantai Baron Ciptakan Model Kalender

oleh -
Kreativitas penyedia jasa foto di Pantai Baron. Foto: Maryanto.
iklan dispar
Kreativitas penyedia jasa foto di Pantai Baron. Foto: Maryanto.
Kreativitas penyedia jasa foto di Pantai Baron. Foto: Maryanto.

TANJUNGSARI, (KH) — Berbagai bentuk kreativitas selalu ditunjukkan para penyedia jasa foto di beberapa destinasi wisata pantai Gunungkidul. Salah satu di antaranya adalah pelayanan foto yang didesain layaknya foto model pada kalender.

Budi Santoso, seorang wirausaha jasa fotografi di Pantai Baron menuturkan, ide ini berawal ketika ia iseng mencoba menawarkan foto kalender pada beberapa pengunjung. Jenis foto ini tak diduga justru membuat pengunjung semakin tertarik untuk minta difoto.

Berawal dari keisengannya itu, usaha foto kalender menjadi bagian terbesar dari keuntungan jasa foto yang ia dapatkan hingga saat ini. Selama liburan akhir tahun ini ratusan lembar foto kalender telah ia cetak atas permintaan konsumen.

Desain foto cukup sederhana. Foto dicetak di atas kertas berukuran A3, sementara sebagian dari kertas tersebut terpampang sebuah kalender lengkap selama tahun 2015.

“Foto ukuran kalender tarifnya Rp 25 ribu bila foto di atas kalender ada 2, sementara kalau cuma 1 foto cukup Rp 20 ribu saja,” ucap Budi, Kamis (1/1/2015).

Secara rinci, ia tak mau mengungkapkan keuntungan usaha jasa foto yang ia geluti ini. Dalam menjalankannya, Budi memiliki sekitar 7 kamera DSLR yang dipercayakan pada masing-masing fotografer yang menjual jasa di kawasan Pantai Baron.

Pantauan KH selama kurang lebih 1 jam di lokasi percetakan foto milik Budi, puluhan lembar foto telah dicetak sesuai pesanan konsumen. Untuk mempercepat proses percetakan foto, maka ia menggunakan 2 buah printer dan dibantu oleh 1 karyawan yang bertugas menata kertas foto hasil cetak.

“Yang menguntungkan itu kalau foto keluarga atau foto bersama. Biasanya 1 foto  seperti ini bisa sampai sepuluh lembar cetaknya karena tiap orang dalam foto pingin memiliki foto sendiri-sendiri,” pungkas Budi. (Maryanto)

Komentar

Komentar