Bus Mogok, Lalulintas Pantai Selatan Macet Total

oleh -
Kemacetan di jalur pantai selatan Gunungkidul. Foto: Maryanto.
kadhung tresno
Kemacetan di jalur pantai selatan Gunungkidul. Foto: Maryanto.
Kemacetan di jalur pantai selatan Gunungkidul. Foto: Maryanto.

TANJUNGSARI, (KH) — Kemacetan panjang terjadi saat sebuah bus rombongan wisatawan mogok di tanjakan pertigaan jalan Baron-Kukup, Kamis (1/1/2015). Kejadian ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB hingga menyebabkan arus kendaraan macet total hampir 2 kilo meter.

Selama kurang lebih 30 menit bus ini harus mendapatkan bantuan warga dan aparat kepolisian guna membantu mengganjal ban saat bus berusaha melintasi tanjakan. Selama itu pula, area tanjakan jalan dikosongkan dari pengguna jalan untuk menghindari bus mundur yang bisa menyebabkan resiko yang lebih fatal.

Mogoknya bus ini menyebabkan kemacetan kendaraan dari berbagai arah. Yang paling parah adalah kemacetan kendaraan dari arah Wonosari tepat di gerbang pos retribusi Pantai Baron hingga sekitar wilayah Padukuhan Rejosari Kemadang.

Hingga pukul 16.00 WIB, antrian kendaraan memasuki pos retribusi Pantai Baron masih terlihat padat. Pertigaan jalan Baron-Kukup menjadi semakin padat karena terjadi penumpukkan kendaraan dari arah Pantai Kukup, arah Pantai Baron, dan dari arah Wonosari.

Langkah mengatasi kemacetan, satuan kepolisian yang bertugas mengatur lalu lintas memberlakukan sistem buka tutup. Bahkan untuk beberapa waktu, kendaraan yang menuju arah Wonosari (dari arah pantai) diwajibkan melewati jalur lintas selatan (JLS).

Sementara itu, pantauan arus kendaraan sepanjang Pantai Kukup hingga Pantai Poktunggal hingga menjelang petang juga masih terlihat padat merayap. Kebanyakan kendaraan di sepanjang jalan ini melaju ke arah timur dan keluar melalui jalur Kecamatan Tepus. Di area Pantai Pulang Sawal (Indrayanti), kemacetan juga sering terjadi karena saking banyaknya pengunjung di tempat ini.

Hingga berita ini ditulis (18.45 WIB), arus balik yang melintas melalui jalur Tepus atau pun gerbang pos retribusi Pantai Baron terpantau ramai lancar. (Maryanto).

Komentar

Komentar