Satu Bulan Permohonan SIM Gunungkidul Tembus 3.327

oleh -
Antrian Pembuatan SIM. Foto : Juju
iklan dispar
Antrian Pembuatan SIM. Foto:Juju
Antrian Pembuatan SIM. Foto : Juju

WONOSARI, (KH) — Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul mencatat, permintaan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi di Polres Gunungkidul dalam kurun waktu sebulan terakhir meningkat tajam.

Baur Sim Satlantas Polres Gunungkidul, Aiptu Slamet Riyanto mengatakan, peningkatan pemohon dan perpanjangan SIM mencapai puncaknya pada bulan Desember 2014 yakni mencapai 3.327 pemohon. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan Bulan November yang hanya mencapai 2.618 pemohon.

“Peningkatan signifikan terjadi pada Bulan Desember, tidak hanya permohonan SIM baru tetapi juga perpanjangan SIM mencapai ribuan orang,”ujar Slamet, saat ditemui di kantornya, Jumat (9/1/2014).

Dia menduga, peningkatan jumlah pemohon SIM akibat adanya libur akhir tahun yang berbarengan dengan libur Tahun Baru. Menurut Slamet, setiap harinya pemohon sebenarnya jumlahnya hanya rata-rata, tetapi karena terjadi penumpukan, pihaknya harus menyelesaikan pengurusan permohonan SIM hingga di luar jam kerja.

“Selain bertepatan dengan hari libur, sempat ada kerusakan mesin 2 kali jadi kinerja kita sedikit terganggu. Selama Bulan Desember kemarin jika kita hitung kerja efektif hanya 20 jadi memang kinerja pada Bulan Desember butuh kerja yang optimal,”ulasnya.

Slamet mengungkapkan, permohonan SIM dengan mesin baru diakuinya membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Sehingga jika ada yang mengatakan adanya alat baru permohonan SIM menjadi lebih lama itu tidak dibenarkan.

“Dengan alat baru ini semua data yang masuk langsung terintergrasi dengan database di Mabes Polri. Jadi memang kita membutuhkan penyesuaian dengan alat yang ada,”katanya. (Juju)

Komentar

Komentar