Gunungkidul Akan Bangun Taman Batu

oleh -
Jeju Geopark South Korea. Foto: www.globalgeopark.org
iklan dispar
Jeju Geopark South Korea. Foto: www.globalgeopark.org
Jeju Geopark South Korea. Foto: www.globalgeopark.org

WONOSARI, (KH)– Destinasi wisata Gunungkidul sebentar lagi akan bertambah. Rencananya Pemkab Gunungkidul akan membangun stone garden atau taman batu. Pembangunan taman ini akan dipusatkan di kawasan Lembah Ngringrong, Desa Mulo, Wonosari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Budi Martono mengatakan, taman batu didirikan  sebagai pengembangan kawasan geopark. Taman tersebut diharapkan menjadi pusat kajian ilmiah mengenai geopark.

“Pembangunan ini akan kita laksanakan pada tahun ini (2015), semoga tidak ada halangan,” kata Budi Martono saat ditemui di Kantornya, akhir pekan lalu.

Dikatakan, dalam taman tersebut nanti akan dipajang batu-batu khas Kabupaten Gunungkidul. Pemkab juga akan melengkapi berbagai jenis batu yang akan didatangkan dari Pacitan, Jawa Timur, dan Wonogiri, Jawa Tengah.

“Konsep taman kita nanti akan kita buat seperti taman batu yang ada di Pulau Jeju, sebelah selatan semenanjung Korea,” ungkap Budi sembari menujukan foto taman batu Jeju yang ia simpan di handphonenya.

Taman ini nantinya diharapkan bisa menjadi tempat alternatif ketika wisatawan akan mengunjungi Pantai Selatan Gunungkidul. “Wisatawan yang akan menikmati pantai atau setelah pulang dapat mampir disini, kebetulan kan satu arah menuju pantai,”katanya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Produk wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul, Hari Sukmono mengungkapkan, rencanya pembangunan taman batu ini akan selesai pada akhir tahun. “Semoga pertengahan tahun ini sudah dapat terealisasi,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk dana awal pembangunan taman batu akan dianggarkan dari Kementerian Pariwisata sebesar Rp 2 milyar, dan Rp 885 juta dari Dana Keistimewaan. “Pembangunan akan kita laksanakan secara bertahap, nanti akan kita update terus jenis batuanya,”jelasnya.

Ia menegaskan, ijin dari Gubernur DIY terkait pembangunan taman tersebut sudah turun. Pembangunan taman tersebut akan mengunakan tanah kas desa. Nantinya seluruh batuan yang berasal dari  gunung sewu akan dibawa ke wilayah Ngingrong.

“Selain  menjadi pusat informasi mengenai geopark. Taman batu kita harapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,”katanya. (Juju)

Komentar

Komentar