Refocusing Anggaran Pemkab Gunungkidul Untuk Corona Capai Rp. 57 Miliar

oleh -
Dirut RSUD Wonosari, dr Heru Sulistyowati. (KH/ Kandar)
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Pemkab Gunungkidul melakukan refocusing anggaran dalam menangani Coronavirus Diseae 2019 (Covid-19). Realisasi pengalokasian ulang anggaran tersebut dilaksanakan dalam dua tahap.

Ketua Gugus Tugas Penanganan COvid-19 Gunungkidul, Immawan Wahyudi menyampaikan, langkah-langkah yang telah diambil diantaranya menyiapkan sejumlah anggaran. “Melakukan re-focusing anggaran Tahap I dengan capaian sebesar Rp. 33,06 miliar,” kata dia belum lama ini.

Diterangkan, anggaran tersebut dialokasikan untuk Dinkes sebesar Rp. 12,8 Miliar dan RSUD sebesar Rp. 8,4  miliar. Dikurangi dua alokasi tersebut, dana yang ada masih tersedia Rp. 11,7 Miliar.

Anggaran Dinkes dan RSUD telah dimanfaatkan untuk penyediaan sarana prasarana berupa APD, obat-obatan, KIE, Insentif Tenaga Kesehatan, Bahan Medis Habis Pakai, Rujukan dan Pelayanan Kesehatan dan pembuatan kamar isolasi.

Sisa re-alokasi anggaran pada tahap I akan ditambahkan ke rencana re-alokasi anggaran tahap II. pada tahap dua kembali disiapkan dana RP. 24,25 Miliar.

Dana tahap dua tersebut sediannya akan digunakan sebagai penyiapan RS darurat/ tempat isolasi penanganan Covid-19 di RSUD Saptosari.

“Juga untuk Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat terdampak berupa per makanan dan atau
suplemen. Sekaligus untuk pemenuhan kebutuhan posko Gugus Tugas Covid-19 di BPBD,” imbuh Immawan.

Terpisah, Direktur RSUD Wonosari, dr Heru Sulistyowati merinci, dalam tanggap darurat Covid-19 belanja alat kesehatan dan bahan medis habis pakai telah mencapai Rp. 2,5 Miliar.

“Untuk pembelian ventilator, baju hazmat, bed emergency, aneka masker, infus pump, multivitamin tenaga medis, hepafilter mobile dan lain-lain,” terang dr Heru.

Pihaknya mengungkapkan, dalam pengadaan menemui beberapa kendala, diantaranya mengenai ketersediaan barang di pihak penyedia. Karena barang terbatas, pengadaan dilakukan eceran atau tidak bisa sekaligus. (Kandar)

Komentar

Komentar