Ukur Kebugaran dengan Aplikasi SIPGAR, Dinkes Gunungkidul Ajak Masyarakat Giat Olahraga

oleh -
Sipgar
Sejumlah ASN memulai lari. Lari menjadi salah satu instrumen pengukuran kebugaran menggunakan aplikasi SIPGAR. (KH/ Kandar)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul menyelenggarakan pengukuran Kebugaran Jasmani Aparatur Sipil Negara (ASN) Jumat (16/9/2022) di Lapangan Kesatrian Wonosari.

Kebugaran diukur menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bernama SIPGAR. Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport.

“Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore, mudah digunakan untuk olahraga di mana pun dan kapan pun secara mandiri oleh siapapun,” kata Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty.

Dia mengungkapkan, setidaknya pengukuran kebugaran khusus ASN di jajaran Pemkab dilalukan secara bersama dan terjadwal selama setahun sebanyak dua kali.

Dengan rutin mengecek kebugaran menggunakan SIPGAR, masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatannya. Hal tersebut dinilai penting. Sebab, dapat menjadi sarana mengetahui tingkat kesehatan secara berkala.

Proses pengecekan diawali dengan pemeriksaan tekanan darah, berat dan tinggi badan, gula darah serta mengisi form instrumen yang telah disediakan. Setelahnya melakukan pemanasan lalu berlari dengan terlebih dahulu mengaktifkan aplikasi SIPGAR. Aplikasi akan otomatis mencatat dan merekam durasi serta jarak tempuh saat lari. Ketentuan jarak yang harus ditempuh sekitar 4 kali keliling lapangan bola atau sejauh 1.000 meter.

Aplikasi selanjutnya akan mengeluarkan hasil, apakah kondisi kesehatannya sangat baik, cukup atau kurang. Informasi aplikasi juga memuat saran alternatif pilihan aktivitas fisik atau olahraga yang bisa dilakukan.

Sunaryanta
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengecek tekanan darah saat mengikuti pengukuran kebugaran menggunakan aplikasi SIPGAR. (KH/ Kandar)

Kepala Bidang Protokol Setda Pemkab Gunungkidul, Arkham mashudi turut dalam kegiatan pengukuran kebugaran. “Saya sudah coba aplikasi sebanyak dua kali, kita bisa kontrol kebugaran kita seperti apa. Aplikasi ini sangat bermanfaat,” ujarnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta saat ikut dalam pengecekan berpesan kepada masyarakat agar membiasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Harus rutin juga berolahraga. Fisik yang sehat dapat menunjang kinerja serta produktif dalam kegiatan apapun,” pesan dia. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar