Produksi Telur Omega-3, Jon Sediakan Bahan Pangan Tinggi Protein Rendah Kolesterol

oleh -
Jon dan produk telur omega-3 hasil produksinya. (KH/Dar)

WONOSARI, (KH),– Pandemi Covid-19  tak selalu menjadi penghalang seseorang berinovasi mengembangkan bisnisnya. Seperti yang dilakukan lelaki yang akrab dipanggil Jon yang ditemui KH belum lama ini. Setidaknya, sejak awal pandemi sekitar satu tahun yang lalu ia memproduksi telur Omega-3.

Warga padukuhan Bulurejo RT 07/05 Kalurahan, Siraman, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul ini sejak lama memang menekuni usaha peternak unggas dan ayam petelur sejak 2005/2006. Tak ingin berhenti pada produksi telur biasa, ia lantas melakukan pengembangan pada usaha ayam petelur yang dijalankan.

“Sepertinya saya yang pertama di Gunungkidul. Selain sebagai upaya pengembangan usaha, saya ingin menciptakan bahan pangan fungsional bagi kesehatan,” kata lelaki bernama aseli Joao Cardoso ini.

Mulanya ia hanya melihat dari referensi yang terbatas mengenai seluk beluk telur Omega-3. Bersamaan dengan upaya produksi jenis telur Omega-3, ia juga berupaya menambah pengetahuannya. Lelaki berdarah Timor Leste ini berencana mamanfaatkan pengetahuan tersebut saat proses pemasaran.

“Produksi 100 telur pertama tidak laku. Alasannya karena harga jelas lebih mahal dari telur biasa,” kenang Jon.

Jon tidak menyerah. Dirinya tetap memproduksi telur Omega-3 lantas menggenjot upaya pemasaran. Beberapa bulan berjalan, pemasaran skala lokal tak segera menghadirkan permintaan yang signifikan.

Jumlah ayam untuk produksi telur Omega-3 jumlahnya naik turun. Muali dari 300, lantas naik menjadi 500 ekor. Naik lagi menjadi 1000 ekor kemudian turun lagi menjadi 500 ekor.

“Belakangan saya memasarkan ke luar. Ke seputar Jogja, Solo dan Magelang. Saya juga rintis pasar ke Bali dan Jakarta,” imbuh Jon.

Jon menjelaskan, telur yang dihasilkan dengan memberi pakan khusus pada ayam menghasilkan telur kaya manfaat. Telur Omega-3 cukup baik dikonsumsi terutama bagi aspek kesehatan.

“Baik untuk perkembangan otak anak serta membantu peyembuhan berbagai penyakit. Telur Omega -3 berasal dari telur ayam. Kandungan Omega-3 diperoleh dari bahan-bahan makanan baik berupa jamu-jamuan dan minyak ikan yang bermutu tinggi,” jelasnya.

Perbedaan kuning telur pada telur biasa dan telur Omega-3. (KH/ Dar)

Telur hasil produksi usaha peternakan yang diberi nama Lourba Farm ini telah melewati tes laboratorium Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan nomor sertifikat 0096801/XI/UN1/LPPT/2020.

“Manfaat telur Omega-3 sebagai lauk berprotein tinggi yang sangat rendah kolesterol, membantu memulihkan penyakit,memperbaiki fungsi jantung,meningkatkan cara kerja otak pada anak serta dapat menetralkan asam urat dan memperbaiki sel-sel,” papar dia lagi.

Dengan segudang manfaat yang ada, telur tersebut dijual dengan harga Rp 23.000 untuk tiap kemasan berisi 10 butir. Masyarakat yang menginginkannya dapat memesan ke divisi pemasaran di nomor 0896-2211-7978. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar