PKK Dusun Luweng Juara Festival Gejog Lesung

oleh -
Juara festival gejog lesung. Foto: KH/Sarwo
iklan dispar
Juara festival gejog lesung. Foto: KH/Sarwo
Juara festival gejog lesung. Foto: KH/Sarwo

PLAYEN, (KH) — Tim PKK Dusun Luweng, Desa Ngleri, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Keluar sebagai juara I Festival Gejog Lesung se Desa Ngleri, Minggu malam (13/09/2015) di halaman Balai Desa Ngleri. Tim juri diketuai oleh Sudarmanto dan Yudha Kristanto SSN dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul dan Tulus Djoko Sarwono dari unsur media.

Tim Gejog Lesung PKK Luweng meraih nilai 760, dan keluar sebagai juara I; juara II diraih Tim Gejog Lesung PKK Ngleri Lor; Juara III PKK Puntuk Kulon; Juara IV dan V PKK Puntuk Wetan dan PKK Ngleri Kulon. Uang pembinaan diserahkan oleh Pj Kades Ngleri Sutarman.

Menurut Ketua Tim Yuri Sudarmanto, Festival Gejog Lesung di Ngleri sangat menarik. Selain melestarikan seni budaya jawa, gejok lesung dapat menghibur warga dalam acara bersih desa. Penampilan peserta sudah baik, busana baik, kreatifitas baik, tetapi ada tim yang tampil yang ciri aslinya hilang, karena ditambah alat musik yang lain. Memang kreatifitas boleh saja, tetapi dalam Festival kali ini diutamakan keaslian seni gejok lesung. Dalam festival gejog lesung se-Gunungkidul yang dipusatkan di Desa Karangrejek beberapa waktu lalu, juaranya Gejog Lesung dari Paliyan. Tahun mendatang diharapkan gejog lesung dari Desa Ngleri bisa mewakili kecamatan Playen.

Ketua Panitia Festival Gejog Lesung sekaligus ketua Bersih Desa Ngleri, Trigarto, menjelaskan, kegiatan gejog lesung merupakan kegiatan ibu-ibu PKK dalam melestarikan seni budaya kita, sekaligus melestarikan Lesung yang sudah tergusur modernisasi mesin gilingan beras. Selain gejog lesung, juga diselenggarakan lomba olah raga, dan pentas wayang kulit semalam suntuk oleh Ki Katon Sulistya, putra dalang terkenal Ki Simun.Pagelaran Wayang Kulit ditandai dengan penyerahan tokoh wayang Bolodewo Suci dari Sutarman kepada Ki Katon Sulistya. (Sarwo)

Komentar

Komentar