Wah, Ada Museum Dibuka di Kapanewon Playen

oleh -
Museum
Wakil Bupati Gunungkidul menyaksikan koleksi Museum Masuk Desa di Kalurahan Ngleri, Playen, Gunungkidul. (Ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto membuka museum di Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (24/8/2022).

Pembukaan museum dengan tajuk museum masuk desa tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Gunungkidul dengan Museum Beteng Vredeburg.

Museum yang dibuka hanya dari tanggal 24 sampai dengan 28 Agustus 2022.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya serta berterima kasih kepada penyelenggara Museum Masuk Desa karena telah menyelenggarakan pameran sebagus ini,” kata Heri memuji.

Bagindia pameran museum yang terselenggara dikemas secara apik. Bagi anak-anak museum telah mampu mengenalkan sejarah dan mengerti bagaimana dinamika perjalanan atau perjuangan bangsa Indonesia.

Museum Masuk Desa yang diwujudkan oleh Museum Benteng Vredeburg menampilkan benda bersejarah yang 50-an koleksi. Umumnya terkait dengan sejarah perjuangan di Gunungkidul.

Museum Vredenburg juga menyajikan suasana museum yang modern yakni mengkolaborasikan dengan teknologi seperti VR serta ilustrasi dengan menggunakan proyeksi. Tujuannya setiap pengunjung dqpat belajar tentang sejarah menjadi lebih menarik dan interaktif.

Dalam pembukaan museum masuk desa juga disambut antusiasme masyarakat yang cukup tinggi terutama anak-anak sekolah mulai dari sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tidak hanya menggelar museum, tetapi juga bazar UMKM yang diisi dengan berbagai produk dari UMKM utamanya daerah Playen seperti makanan dan kerajinan

“Guna membangun museum permanen butuh sinergi dari berbagai pihak untuk mewujudkannya seperti dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan,” ujar Heri.

Kepala Museum Beteng Vredeburg, Drs Suparja menyampaikan, event Museum Masuk Desa ini yang kali pertama diselenggarakan setelah 2 tahun pandemi. Yang biasa terselenggara umumnya bersinergi dengan desa, pelaku seni serta UMKM.

“Selain untuk memberikan Edukasi, musem masuk desa harapannya juga bisa meningkatkan sosial ekonomi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Ia menilai, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul layak membangun sebuah museum mengingat banyaknya keterkaitan Gunungkidul dengan berbagai sejarah utamanya dalam perjuangan bangsa Indonesia.

“Saya mendorong Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk membangun museum, selain untuk menampung bukti sejarah juga memberikan edukasi kepada generasi penerus kita mengenai perjuangan bangsa Indonesia,” ucapnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar