Pembangunan Kawasan Ekonomi Masyarakat Desa Ngawu Playen Dimulai

oleh -
Pengerjaan pelebaran dan pendalaman sungai. Foto : Sarwo
kadhung tresno
Pengerjaan pelebaran dan pendalaman sungai. Foto : Sarwo
Pengerjaan pelebaran dan pendalaman sungai. Foto : Sarwo

PLAYEN, (KH) — Desa Ngawu Kecamatan Playen mulai mengerjakan Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM). Hasil kerja sama dengan Jagatdhita, tim dosen perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum layanan IPTEKS wilayah DIY.

Menurut Giriyanti, Kabag Pembangunan Desa Ngawu yang ditemui KH Jumat (09/01) di lokasi pelebaran sungai Pedukuhan Ngasemreja, KEM merupakan kerja sama antara petani Desa Ngawu dengan Jagatdhita. Berita acara kerjasama sudah ditandatangani pada Selasa 18 Pebruari 2014 yang lalu, Jagatdhita diwakili Drs. M. Husain Kasim MP sebagai pihak pertama, dan Wagiran SH Kades Ngawu sebagai pihak ke II.

Sebagai rintisan pengembangan potensi lokal, KEM Ngawu menggerakkan perekonomian warga masyarakat. Wagiran SH kepada KH menyatakan, KEM memanfaatkan tanah lungguh seluas 5 hektar dalam kurun waktu 10 tahun. Selama 10 tahun hasil dari KEM menjadi milik petani/peternak. Setelah 10 tahun KEM akan dikelola warga dan sudah lepas dari Jagatdhita.

Langkah pertama KEM memperdalam dan memperlebar sungai sepanjang 400 m, lebar 7 meter, dan kedalaman 3 meter. Setelah selesai, sungai akan dipetak-petak untuk pertanian, peternakan, tempat untuk pelatihan, serta dibangun embung. Sedang pendanaan berasal dari Jagatdhita.(Sarwo/Tty

Komentar

Komentar