Warga Memohon, Hujan Datang Mengguyur

oleh -
Warga sehabis melaksanakan Shalat Istisqo'. Foto: KH
iklan dispar
Warga sehabis melaksanakan Shalat Istisqo'. Foto: KH
Warga sehabis melaksanakan Shalat Istisqo’. Foto: KH

PALIYAN, (KH)— Ratusan warga dari tiga padukuhan yakni Trukan, Manggul dan Mengger Desa Karangasem, serta Padukuhan Watu Gilang Desa Mulusan menggelar Shalat Istisqo’ memohon hujan turun, Minggu, (10/1/2015).

Shalat dilaksanakan di lapangan sepak bola Padukuhan Trukan. Upaya meminta hujan tersebut dilakukan setelah hampir selama satu bulan hujan tidak turun. Kekhawatiran akan gagalnya panen petani kawasan Kecamatan Paliyan ini juga terjadi disejumlah tempat, lantaran tanaman padi dan yang lain kekurangan air.

Kegelisahan warga cukup beralasan, karena hampir sebagian besar kondisi tanaman telah layu, warga khawatir dengan kondisi tersebut sehingga tokoh masyarakat dan agama (Islam) setempat menggelar Shalat Istisqo’.

H Suwarjono M.A selaku Imam dan Khotib pada pelaksanaan Shalat mengajak kepada warga untuk memohon ampunan dan saling introspeksi diri, karena perbuatan yang melanggar tuntunan agama sehingga Tuhan menurunkan ujian dengan menghentikan hujan di awal musim pertanian ini.

“Marilah kita Introspeksi, perbuatan yang diluar tuntunan, jangan-jangan karena banyak perilaku maksiat sehingga Allah menurunkan ujian di daerah kita maupun Negara ini,” ucapnya dalam kotbah.

Warga bersyukur, tidak berselang lama hujan turun mengguyur dengan intensitas cukup deras sekitar pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. “Alhamdulillah, hujan deras datang, semoga dapat menyelamatkan tanaman petani,” Ucap Setyawan salah satu warga bersyukur. (Kandar)

Komentar

Komentar