TK Gerotan Mendapat Bantuan Gedung Baru Dan Listrik Tenaga Surya

oleh -
Gedung baru TK PKK Padukuhan Gerotan, Foto: KH/ Maria Dwi Anjani
iklan dispar
Gedung baru TK PKK Padukuhan Gerotan, Foto: KH/ Maria Dwi Anjani
Gedung baru TK PKK Padukuhan Gerotan, Foto: KH/ Maria Dwi Anjani

TEPUS, (KH)– TK PKK Padukuhan Gerotan, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus kini memiliki gedung sekolah baru. Gedung sekolah tersebut didesain dan dibangun oleh Ars86care foundation atau Yayasan Arsitek86 Peduli, selama tiga bulan terakhir. TK yang sebelumnya hanya memiliki dua ruang kelas dengan sarana penunjang pendidikan yang terbatas itu kini bisa menambahkan jumlah siswa pada tahun berikutnya.

Ars86care foundation atau Yayasan Arsitek86 Peduli merupakan yayasan yang memiliki sekumpulan arsitek Indonesia yang peduli terhadap lingkungan dan ingin memperbaiki kualitas lingkungan untuk diwariskan kepada anak-anak.

Ketua Yayasan Ars 86, Ucok menjelaskan, Gunungkidul merupakan kabupaten pertama di DIY yang mendapat sasaran pembangunan sekolah. Dipilihnya lokasi di Desa Tepus karena melihat aspek pendidikannya yang masih terkendala ruang sekolah.

Ucok menambahkan, keterbatasan keuangan Desa menjadi kendala untuk membangun saranan pendidikan tingkat TK, selain itu juga, di beberapa wilayah tergantung pada tingkat kesadaran tiap desa, oleh karena itu Ars 86 memberikan bangunan tambahan bagi sekolah TK.

“Prioritas tiap desa untuk membangun taman kanak-kanak berbeda-beda,” ucapnya.

Bangungan sekolah anyar milik TK PKK Gerotan tersebut juga merupakan bangunan pertama yang menggunakna tenaga surya sebagai sumber listrik operasionalnya. Nantinya apabila terbukti efektif digunakan di wilayah DIY, Ars 86 juga akan menerapkannya di beberapa lokasi lainnya.

“Ini lokasi pertama kita menggunakan tenaga surya,” imbuhnya. (Maria Dwi Anjani)

Komentar

Komentar