Tikus Menyerang, Petani Panen Lebih Awal

oleh -
iklan dispar

TEPUS, kabarhandayani – Hama tikus kembali menyerang tanaman petani di pesisir Selatan Gunungkidul. Hal tersebut membuat ratusan hektar tanaman palawija milik petani di Padukuhan Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus terancam gagal panen. 

Menurut penuturan Ngatijo (56) warga setempat, hama tikus muncul dan merusak tanaman kacang warga yang mulai di panen. Tikus merusak dengan cara memakan batang hingga mengakibatkan tanaman layu dan akhirnya mati. 

“Hama tikus yang jumahnya banyak tersebut merusak tanaman warga saat malam hari, keesokan harinya tanaman kacang sudah layu dan akhirnya mati,” ungkap Ngatijo, Minggu (11/5/2014).

Ngatijo menambahakan, jika hal tersebut dibiarkan, para petani akan mengalami kerugian yang besar. Kini pihaknya mengaku pasrah dan terpaksa memanen tanaman kacang tanah lebih awal untuk meminimalisir kerugian. 

Terpisah Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Kabupaten Gunungkidul Supriyadi mengaku belum mendapat laporan tentang adanya hama tikus tersebut. Tetapi pihaknya mengungkapkan, banyaknya hama tikus tersebut merupakan siklus tahunan.

Penulis: Juju, Editor: Hery

Komentar

Komentar