Terjaring Razia Masker: Warga Beralasan Tak Percaya Lagi Dengan COVID-19

oleh -
Operasi Yustisi penggunaan masker di Pasar Playen Gunungkidul. (foto: istimewa)
iklan dispar

PLAYEN, (KH),– Polsek Playen, Gunungkidul menggelar operasi Yustisi penggunaan masker di pasar tradisional di kapanewon setempat, Kamis (17/9/2020). Setidaknya puluhan pengunjung pasar dan pedagang kedapatan lalai mengenakan masker.

“Yang terjaring diberi sanksi ringan diantaranya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membacakan teks Pancasila,” kata Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi saat ditemui disela operasi Yustisi.

Misi dari operasi ini, kata dia, agar masyarakat menyadari pentingnya kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan selama Pandemi COVID-19. Pihaknya menginginkan agar masyarakat patuh anjuran pemerintah untuk selalu memakai masker saat beraktivitas terlebih di luar rumah.

“Operasi Yustisi penggunaan masker di Pasar Playen ini merupakan operasi kedua. Sebelumnya dilaksanakan di Pasar Hewan Siyono,” terang dia.

Pasar dipilih menjadi sasaran operasi lantaran menjadi konsentrasi kumpulan warga. Pada operasi Yustisi di Pasar Playen jumlah yang terjaring razia sekitar 20-an orang. Kurang dari separuh dibanding operasi pertama di Pasar Hewan Siyono yang biasa dikunjungi ribuan orang.

“Di pasar Hewan Siyono, setidaknya ada 50 orang yang dijumpai tak mengenakan masker,” imbuh AKP Hajar.

Alasan warga tak mengenakan masker cukup beragam. Sebagian dari mereka sengaja tidak membawa masker dari rumah karena sudah tidak percaya lagi dengan COVID-19. Sebagian lain beralasan karena lupa tidak membawa masker. (Kandar)

Komentar

Komentar