SMK Muhammadiyah Patuk Didik Siswa Agar Cerdas, Terampil, dan Berakhlak Luhur

oleh -
iklan dispar
Praktik otomotif siswa SMK Muhamadiyah Patuk. Foto: Atmaja.
Praktik otomotif siswa SMK Muhamadiyah Patuk. Foto: Atmaja.

PATUK,(KH) — SMK Muhamadiyah Patuk merupakan salah satu perguruan Muhamadiyah yang berlokasi di Desa Putat Patuk Gunungkidul. Jumlah siswa pada tahun ajaran 2014/2015 adalah sebanyak 240 siswa. Sebagian besar siswa sekolah kejuruan tersebut merupakan warga wilayah Patuk dan sekitarnya. Terdapat beberapa siswa yang berasal dari wilayah Gedangsari, Playen, dan Piyungan Bantul.

Humas SMK Muhamadyah Patuk Nuryana Ahmadi menjelaskan, sekolah ini berdiri sejak tahun 1998. Sekolah ini membuka beberapa jurusan kejuruan.

“Terdapat empat bidang kejuruan yang ada di SMK Muhamadiyah Patuk, yaitu Teknik Sepeda Motor, Elektronika Audio Video, Akutansi, dan Teknik Informatika. Teknik Sepeda Motor menjadi jurusan yang paling banyak diminati oleh siswa,” ujar Nuryana, Rabu, (04/03/2015).

Meskipun belum ikut menerapkan Ujian Nasional secara online, sekolah ini telah memberikan perhatian khusus kepada para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN). Hal ini dilakukan agar semua siswa dapat lulus dengan nilai yang baik. Nuryana juga menyampaikan, beberapa latihan ujian (try out) sudah terselesaikan dengan nilai yang diperoleh siswa cukup baik.

“Pendalaman materi juga telah dilakukan sejak bulan September tahun lalu dengan memberikan beberapa materi penting untuk menghadapi Ujian Nasional,” ujar Nuryana.

SMK Muhamadiyah Patuk juga mempunyai program penempatan kerja kepada siswa yang berprestasi. “Program penempatan kerja ini adalah untuk menggugah semangat siswa agar lebih semangat belajar dan menjadi siswa yang berprestasi,” jelasnya.

Selain mengasah ketrampilan siswa untuk menghadapi dunia kerja, siswa juga diberikan perhatian khusus dalam hal keagamaan. Mendidik siswa agar mempunyai kepribadian yang luhur menjadi salah satu visi SMK Muhamadiyah Patuk.

SMK Muhamadiyah Patuk menerapkan peraturan khusus agar siswa menjadi seorang siswa yang baik. “Antara lain untuk surat ijin, kita perhatikan dengan betul agar orang tua juga mengerti saat siswa ijin untuk tidak masuk sekolah. Kedisiplinan juga kita perhatikan dalam hal jam masuk sekolah yakni tepat pada pukul 07.00 WIB,” tegas Nuryana.

Nuryana menambahkan, visi dan misi dari SMK Muhamadiyah Patuk yakni membangun generasi muda dengan ketrampilan yang mumpuni dan memiliki kepribadian luhur. “Harapan pihak sekolah agar siswa menjadi seorang yang mempunyai kepribadian yang baik dan mendapatkan kesuksesan di masa depan,” tandasnya. (Atmaja).

Komentar

Komentar