Setelah Belasan Jenis Kobra, 4 Ular Kembali Ditangkap Di Pemukiman

oleh -
Salah satu ular kobra yang ditangkap warga di dekat pemukiman. KH/ Kandar.
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Warga Dusun kepek 1, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul kembali menangkap setidaknya 4 ekor ular yang masuk pemukiman. Sebelumya sudah 16 ular yang berada di lingkungan rumah telah ditangkap warga setempat. Dari keseluruhan yang ditangkap mayoritas berjenis kobra.

Salah satu warga, Ervan Bambang Dermanto menyampaikan, 4 ular terakhir ditangkap pada Selasa, (10/12/2019) lalu. “2 ular kobra 1 ular air dan 1 ular weling, semua masih anakan,” rinci dia, Kamis, (12/12).

Kemunculan ular-ular tersebut membuat resah warga. Warga kemudian meminta bantuan komunitas reptil untuk mengamankan belasan ular yang telah ditangkap. Di samping itu juga menyisir lokasi-lokasi yang ditengarai sebagai tempat persembunyian ular.

Anggota Gunungkidul Reptil Independen, Dino Ashar Setiawan mengutarakan, munculnya ular ke pemukiman diduga karena habitat ular terganggu.

Menurut Dino, keberadaan sungai yang berada tidak jauh dari Dusun Kepek 1 juga dinilai berpotensi menjadi sarang ular.

Dari keseluruhan ular, rata-rata baru berumur 1 mingguan. Satu diantaranya telah berusia dewasa. Namun, ular cobra jawa dengan panjang 1 meter itu belum dapat dipastikan merupakan induk dari belasan anakan ular yang tertangkap.

Mengantisipasi risiko munculnya belasan ular kobra itu dalam waktu dekat warga akan membongkar talud yang dicurigai menjadi sarang ular. (Kandar)

Komentar

Komentar