Satu Lagi Kuliner Ekstrim di Gunungkidul

oleh -
Sambal Jangkrik .Foto :Edo
iklan dispar
Sambal Jangkrik .Foto :Edo
Sambal Jangkrik .Foto :Edo

PLAYEN, (KH) – Gunungkidul selain dikenal dengan  wisata alamnya juga terkenal sebagai daerah yang memiliki wisata kuliner ekstrim.Setelah Belalang Goreng/Bacem, kemudian Ungkrung/Kepompong Ulat Jati, kini juga dikenal dengan kuliner Jangkrik baik yang digoreng maupun bacem.

Jangkrik ternyata juga bisa diolah menjadi sajian yang enak dan unik yaitu Sambal Jangkrik. Agus (44) adalah  orang yang mempunyai ide membuat Sambal Jangkrik sebagai menu spesial di warung makan yang ia dirikan di rumahnya Sumberjo Rt 27 Rw 04 Desa Ngawu, Playen.

“Saya membuat Sambal Jangkrik ini supaya warung makan yang saya dirikan memiliki menu spesial. Walaupun warung kecil,mudah-mudahan nanti dengan adanya menu spesial ini bisa menjadikan warung saya banyak dikunjungi orang,” kata Agus saat ditemui KH (27/1).

Agus menambahkan, untuk membuat Sambal Jangkrik cukup mudah dengan  membersihkan jangkrik yang masih muda, lalu digoreng sampai matang, setelah itu buat sambal dan campurkan sambal itu dengan jangkrik yang sudah matang. Rasa Sambal Jangkrik ini gurih-gurih pedas.

Untuk harga sambal jangkrik ini dipatok dengan harga Rp 1.000 per bungkus dicampur dengan nasi kucing. Karena kuliner ekstrim ini masih baru, maka  Sambal Jangkrik ini hanya ada di warung makan Agus.

“Untuk pemasaran masih di warung saya sendiri, soalnya usaha baru  ini belum lama saya rintis, tapi yang penasaran dengan Sambal Jangkrik buatan saya sekarang semakin banyak. Semoga usaha saya ini bisa sukses kedepannya,” pungkas Agus. (Edo Nurgantara)

Komentar

Komentar