Satu Desa Terbaik Akan Wakili Gunungkidul

oleh -
Desa Pacar Rejo Semanu siapkan diri mengikuti lomba desa. Foto: Atmaja.
iklan dispar
Desa Pacar Rejo Semanu siapkan diri mengikuti lomba desa. Foto: Atmaja.
Desa Pacar Rejo Semanu siapkan diri mengikuti lomba desa. Foto: Atmaja.

WONOSARI,(KH)— Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2015 segera dilaksanakan. Delapan belas desa perwakilan dari 18 kecamatan yang ditunjuk mengikuti perlombaan kini mulai berbenah. Tahap pertama, 18 desa terpilih diminta mengumpulkan data administrasi desa dan sebagai syarat dilakukan seleksi untuk mendapat 6 desa terbaik.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, BPMPKB Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, batas terakhir pengumpulan administrasi lomba desa tersebut hari ini, Jumat (27/3/2015). Selanjutnya tim akan melakukan seleksi dengan mengambil enam desa terbaik. Enam desa terpilih kemudian akan dilaksanakan verifikasi lapangan langsung.

“Peninjauan langasung ke desa akan kita mulai bulan depan antara tanggal 22 hingga 30 April. Nanti, satu desa terbaik akan menjadi wakil Gunungkidul dalam lomba desa tingkat Propinsi,” katanya saat ditemui di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Kamis (26/3/2015).

Dijelaskan lebih lanjut, indikator penilaian lomba desa di antaranya kelengkapan administrasi, keadaan penduduk seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, kelengkapan profil desa, dan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Selain itu, bagi enam desa terpilih penilaian akan ditambahkan dengan presentasi kepala desa, penilaian lapangan langsung dan profil desa.

“Untuk seleksi administrasi atau seleksi tahap pertama, pemilihan enam desa terbaik akan kita umumkan pada tanggal 6 April 2015. Untuk jadwal lomba tingkat Propinsi kita masih menunggu semua kabupaten di DIY selesai melaksanakan seleksi dimasing-masing wilayah,” terangnya.

Sementara dihubungi terpisah, Kepala Desa Pucung Kecamatan Girisubo Bambang Untara mengungkapkan, pihaknya sudah mengirimkan berkas administrasi ke BPMPKB untuk mengikuti seleksi tahap awal, Kamis (26/3/2015) kemarin. Pihaknya tidak berharap banyak desanya lolos dalam enam besar, karena melihat partisipasi masyarakat minim dengan penyelenggaraan lomba desa tersebut.

“Pelaksanaan lomba desa bersamaan dengan jadwal pertanian warga, jadi kurang mendapat perhatian. Selain itu tidak ada pembangunan seandainya desa kita nanti terpilih karena tidak adanya anggaran,” katanya.

Berdasarkan data BPMPKB Gunungkidul, 18 desa yang ditunjuk mengikuti lomba desa tahun 2015 antara lain Desa Siraman (Wonosari), Desa Ngloro (Saptosari), Desa Ngipak (Karangmojo), Sumberwungu (Tepus), Ngalang (Gedangsari), Terbah (Patuk), Pacarejo (Semanu), Bandung (Playen), Giriasih (Purwosari), Sodo (Paliyan), Hargosari (Tanjungsari), Pucung (Girisubo), Pucanganom (Rongkop), Kedungpoh (Nglipar), bulurejo (Semin), Tancep (Ngawen), Gombang (Ponjong),dan Desa Girimulyo (Panggang). — (Juju)

Komentar

Komentar