Ratusan Penegak Ikuti Pengembaraan Wira Dhaksinarga XXIX Tahun 2016

oleh -
Upacara sebelum pemberangkatan PWD ke XXIX Tahun 2016. KH
iklan dispar
Upacara sebelum pemberangkatan PWD ke XXIX Tahun 2016. KH
Upacara sebelum pemberangkatan PWD ke XXIX Tahun 2016. KH

WONOSARI, (KH)— Ratusan anggota pramuka Penegak Pandega (Pramuka usia 17-25 tahun) dari SMA/ SMK se Gunungkidul mengikuti Pengembaraan Wira Dhaksinarga (PWD) XXIX Tahun 2016, Kamis, (11/8/2016).

Kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan rutin tiap tahun di Gunungkidul ini terhitung sudah yang ke 29 kali, meski sebenarnya PWD ada sejak 40-an tahun yang lalu. Waka Mabicab Gunungkidul, Immawan Wahyudi secara resmi melepas peserta sebanyak 336 anggota pramuka Penegak dari Gugus depan (Gudep) SMA/SMK se-Gunungkidul.

“Terdiri dari 44 sangga, kalau beberapa tahun yang lalu pesertanya tidak hanya pramuka, tetapi pernah melibatkan ormas pemuda, remaja masjid, karangtaruna dan sebagainya,” jelas Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gunungkidul, Edy Suryanto.

Ia uraikan PWD ke XXIX Tahun 2016 adalah kegiatan perjalanan atau hiking dengan peserta penegak pandega (pramuka usia 17 s.d. 25 tahun). Tujuannya adalah melatih kemandirian, fisik, kebersamaan, pengalaman mengorganisasi kegiatan dan sumber daya serta sebagai bentuk pelaksanaan SKU, SKK pramuka.

“Pengembaraan kali ini mengambil rute Etape 1 : semanu-ponjong-karangmojo dengan basecamp di wiladeg, Etape 2 : wiladeg-pindul-nglipar dengan letak basecamp di pengkol, lalu Etape 3 : pengkol-ngawen menempati basecamp di SMK Sanjaya Ngawen,” papar dia.

Pada sameliputi Kesbangpol, BPBD,  Disbudpar, Disdikpora, lalu Camat Karangmojo, Nglipar dan Ngawen. Immawan berpesan agar peserta bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, karena mampu memperteguh jiwa patriotism. (Kandar)

Komentar

Komentar