Sejumlah Penghargaan Diberikan pada Peserta PWD XXIX 2016

oleh -
Peserta Pengembaraan Wira Dhaksinarga (PWD) XXIX 2016 dengan penghargaannya. KH/ S. Yanto.
iklan dispar
Peserta Pengembaraan Wira Dhaksinarga (PWD) XXIX 2016 dengan penghargaannya. KH/ S. Yanto.
Peserta Pengembaraan Wira Dhaksinarga (PWD) XXIX 2016 dengan penghargaannya. KH/ S. Yanto.

NGAWEN, (KH)– Sebagai bentuk apresiasi, puluhan penghargaan diberikan pada  peserta Pengembaraan Wira Dhaksinarga (PWD) XXIX 2016 yang diselenggarakan mulai Kamis, (11/8/2016) hingga Minggu (14/8/2016). Pengembaraan rutin yang terdiri dari tiga etape ini mengadakan berbagai perlombaan dan penghargaan sebagai penghormatan pada peserta terbaik.

SMAN 2 Playen mendapatkan penghargaan terbanyak diantara peserta SMA/SMK lainnya sehingga dinobatkan sebagai juara umum. Raihan prestasi ini menggeser gelar juara umum yang sebelumnya dipegang SMAN 1 Wonosari pada tahun 2015.

Beberapa penilaian yang dilakukan panitia pada peserta PWD XXIX 2016 meliputi lomba poster, fashion show, rally tercepat, sangga tertangkas, sangga terfavorit, lomba fotografi, dan lomba permainan tradisional.

Beberapa sangga yang turut mendapatkan penghargaan adalah sangga dari SMKN 2 Wonosari, SMKN 2 Gedangsari, SMKN 1 Saptosari, SMKN 1 Girisubo, SMAN 1 Wonosari, SMAN 1 Playen, dan SMAN 1 Tanjungsari.

SMAN 1 Tanjungsari pada kesempatan ini mendapatkan dua jenis penghargaan yang meliputi juara Giat Prestasi Rally Sangga Putri dan juara Giat Prestasi Pembuatan Poster Wayang Sangga Putri.

“Kegiatan ini memberikan pengalaman berharga bagi kami, sekaligus rasa bangga karena bisa mendapatkan beberapa penghargaan,’” kata Amelia Laras, peserta dari SMAN 1 Tanjungsari.

PWD XXIX Tahun 2016 merupakan kegiatan perjalanan atau hiking dengan peserta penegak pandega (pramuka usia 17 s.d. 25 tahun), yaitu sejumlah 44 sangga dari puluhan SMA dan SMK di Gunungkidul. Kegiatan ini bertujuan  melatih kemandirian, fisik, kebersamaan, pengalaman mengorganisasi kegiatan dan sumber daya serta sebagai bentuk pelaksanaan SKU, SKK pramuka.

Kegiatan Pengembaraan tahun 2016 mengambil rute etape 1 : semanu-ponjong-karangmojo dengan basecamp di wiladeg, etape 2 : wiladeg-pindul-nglipar dengan letakbasecamp di pengkol, dan terakhir etape 3 : pengkol-ngawen menempati basecamp di SMK Sanjaya Ngawen. (S. Yanto)

Komentar

Komentar