Ragam Metode Pemasaran Distro Barang Second Agar Bertahan di Tengah Pandemi

oleh -
distro
Berada di Distro milik Agustyan. (dok. Ida)

BANTUL, (KH),– Pandemi Covid-19 yang terjadi berkepanjangan menuntut para pelaku usaha untuk beradaptasi dengan keadaan. Berbagai cara dilakukan agar kegiatan usaha atau bisnis yang digeluti dapat terus bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan Agustyan, pemilik distro barang second di Ringroad Timur, Banguntapan, Kabupaten Bantul ini. Strategi pemasaran menjadi aspek utama yamg ia rombak.

“Saya selaku pemilik usaha sangat terpukul. Jumlah pembeli sangat menurun sehingga omset dan perputaran uang hasil penjualan tidak seperti biasanya sebelum pandemi,” Ucap Agustyan saat ditanya dampak Covid-19 terhadap usaha yang ia bangun sejak setahun serakhir ini.

Dirinya bersyukur masih mampu bertahan meski dengan hasil minim. Yang terpenting untuk sementara ini, dua karyawan yang bekerja padanya tidak sampai diberhentikan.

“Ada banyak cara saya lakukan untuk mempertahankan distro agar tidak tutup. Diantaranya saya rajin bikin promo pada momentum-momentum tertentu,” terangnya.

Selain promo diskon pembelian, dirinya juga menyediakan give away. Seperti pada bulan Oktober ini, Agustyan menawarkan diskon serta menyediakan doorprize bagi yang beruntung melalui pengundian berupa HP Android baru serta uang tunai Rp500.000.

Selain itu, Agustyan juaga menggunakan sosial media seperti instagram sebagai media promosi serta memperkenalkan barang yang baru. Dengan cara ini ia bisa menarik minat para pelanggan yang mayoritas para remaja.

Agustyan berharap agar pandemi Covid-19 ini cepat berlalu agar usaha perekonomian kembali stabil. Dengan omset stabil tentu saja akan memudahkan dia menambah stok barang yang nanti dijual baik secara offline maupun online.

Penulis : Ida Puspitasari & Putri Dwi Cahyani, SE., M.EI, Fakultas Ekonomi (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar