Pusat Oleh-Oleh Harapan Baru Perkembangan UKM Kecamatan Patuk.

oleh -
kadhung tresno

PATUK,(KH) — Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kecamatan Patuk semakin mengalami kemajuan. Kemajuan tersebut membuat pihak Kecamatan Patuk berencana mendirikan pusat oleh-oleh di Kecamatan Patuk.

Camat Patuk, R. Haryo Ambar Suwardi mengatakan, perkembangan tersebut merupakan hasil dari usaha warga, jajaran perangkat desa dan pihak kecamatan dalam hal pemasaran dan pengelolaannya. Menurut Ambar, panggilan akrabnya, kemajuan tersebut juga perlu diimbangi dengan adanya fasilitas penunjang pemasaran.

“Salah satunya adalah tempat pusat oleh-oleh makanan dan cinderamata khas Patuk,” katanya, Jumat (9/1/2015).

Ambar berencana membuat satu pusat oleh-oleh untuk semua pelaku UKM di Kecamatan Patuk. Kecamatan yang dilalui oleh jalur utama Jogja – Wonosari,  menjadi modal utama guna mengembangkan pemasaran produk UKM masyarakat Patuk.

Selain itu, kemajuan sektor pariwisata juga menjadi alasan Ambar untuk mendirikan pusat oleh-oleh yang sepenuhnya dikelola oleh kelompok UKM Kecamatan Patuk. Rencananya pihak kecamatan akan memakai tanah kas desa agar hasilnya juga dapat dirasakan bersama.

“Beberapa pemilik restoran yang berada di Kecamatan Patuk sudah bersedia menampung produk hasil makanan UKM. Hanya saja mereka meminta untuk olahan makanan agar diberi tanggal kadaluarsa,” jelas Ambar.

Lebih lanjut ia berharap, agar instansi yang berada di Kecamatan Patuk dan Jajaran Perangkat Desa Patuk agar tetap membantu dengan memakai produk makanan dari UKM saat terdapat suatu acara maupun saat rapat.

“Tujuan utama program ini adalah satu, yakni memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Patuk. Pihak kecamatan tidak mengambil sepeserpun dari hasil yang didapatkan,” pungkas Ambar. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar