PPMI akan Seleksi Calon Peserta Jambore Pemuda Indonesia di Kalimantan Tengah

oleh -
Informasi kegiatan JPI Gunungkidul. doc. PPMI Gunungkidul
iklan dispar
Informasi kegiatan JPI Gunungkidul. doc. PPMI Gunungkidul
Informasi kegiatan JPI Gunungkidul. doc. PPMI Gunungkidul

WONOSARI,(KH)— Dalam menyambut pelaksanan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2016, Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Gunungkidul akan melakukan seleksi calon peserta yang akan mewakili Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan JPI nantinya akan berlangsung pada bulan September 2016 di Kalimantan Tengah.

Beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi peserta JPI perwakilan Gunungkidul adalah memiliki ketertarikan di bidang seni budaya, wawasan dan jiwa kepemimpinan, serta wawasan mengenai Provinsi DIY. Sedangkan terkait biaya, semua keperluan dan fasilitas telah dipersiapkan dan ditanggung pemerintah.

Syarat-syarat menjadi calon peserta cukup mudah, diantaranya mereka harus berumur 17 hingga 22 tahun, memiliki KTP Gunungkidul, belum menikah, dan berpendidikan minimal SMA atau sederajat. Saat seleksi nanti para calon peserta harus membawa berapa berkas yang meliputi fotokopi KTP sebanyak 1 lembar, pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar, dan daftar riwayat hidup.

Adapun waktu pelaksanaan pendaftaran calon peserta dimulai pada Jumat 29/7/2016 sampai dengan Jumat 12/8/2016. Sementara pelaksanaan seleksi akan diselenggarakan Sabtu (13/8/2016) dengan materi tes wawancara dan tes tertulis. Pendaftaran dan pelaksanaan seleksi akan diselenggarakan di Disdikpora Gunungkidul.

Gemma Hanggarsih, salah satu panitia seleksi calon peserta JPI Gunungkidul menuturkan bahwa dalam seleksi ini nanti akan menjaring beberapa peserta yang akan mewakili Gunungkidul. Selanjutnya proses seleksi akan dilakukan kembali ditingkat provinsi guna menjadi wakil dari Provinsi DIY untuk berangkat ke Kalimantan Tengah.

“Tiap tahun jumlah peserta beda-beda, pernah hanya dua orang, pernah tiga orang juga. Kemungkinan tahun ini antara dua sampai empat orang,” jelasnya.

JPI merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai media mempertemukan wakil pemuda seluruh Indonesia untuk meningkatkan wawasan dan komunikasi sambung nalar pemuda guna meningkatkan persatuan, kreativitas, dan kemandirian.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada JPI di Kalimantan Tengah nanti meliputi pentas seni tiap provinsi, pawai Nusantara, upacara hari Sumpah Pemuda, kunjungan wisata, pameran tiap provinsi, sambung nalar pemuda antar provinsi, dan kegiatan olahraga. (S. Yanto)

Komentar

Komentar