Posbindu Desa Siraman Dikagumi Tim Penilai Lomba Desa DIY

oleh -
Tim Penliai Lomba Desa DIY meninjau Desa Siraman. KH/Sarwo.
iklan dispar
Tim Penliai Lomba Desa DIY meninjau Desa Siraman. KH/Sarwo.
Tim Penliai Lomba Desa DIY meninjau Desa Siraman. KH/Sarwo.

WONOSARI, (KH) — Tim Perlombaan Desa Propinsi DI Yogyakarta, Jumat (12/06) dibuat kagum melihat beragam kegiatan masyarakat Desa Siraman. Setelah diterima Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos, di Balai Desa Siraman, Tim Perlombaan Desa DIY yang dipimpin Drs Seno Atmodjo MSi diajak membuktikan kegiatan masyarakat Desa Siraman langsung di 14 lokasi pada 6 padukuhan.

Lokasi pertama ditempuh dengan dengan naik odong-odong, Tim Penilai Perlombaan Desa melihat rumah sehat di Padukuhan Siraman II. Kemudian melihat kegiatan ternak sapi Sedyo Rukun Siraman III, Kelompok Tani Wanita Bronto Tirto Siraman III, melihat kegitan Bumdes Siraman Mandiri, diteruskan ke Padukuhan Besari melihat produk Tahu milik Purdiharjo. Dari produk Tahu tersebut dapat memanfaatkan gas.

Rombongan Tim didaulat untuk menyerahkan penghargaan juara Internasional atas nama Hanum Rahmawati dan Ryan Andri Wijaya, dalam lomba Winner Genetic tahun 2015 dan Finalis Olimpiade Sains Kuark 2013. Di halaman masjid Al Kahfi Padukuhan Tegalsari, masih dalam satu pedukuhan, tim melihat peragaan keamanan dan kegiatan Pos Kamling Pintar. Warga tugas Siskamling bisa sambil membaca buku perpustakaan.

Tim juga melihat dari dekat kegiatan Posbindu, kelompok ini menangani penderita stroke, atau penyakit tidak menular, tetapi orang yang terkena strok meninggal. Untuk menangani warga yang sakit dibentuk Posbindu, dengan modal 5 tenaga dokter yang tinggal di Padukuhan Tegalsari.Setelah meninjau Posbindu, tim mampir di lokasi pembuatan tempe di rumah H Sudarman, kemudian melihat kegiatan warga berargama Katholik. Terakhir melihat kegiatan warga peternak sapi  yang menghasil biogas.

Dalam kesan dan pesannya, Ketua Tim Penilai Drs Seno Atmojo MSi menyatakan puas melihat kegiatan warga Desa Siraman. Ia menyatakan, semoga Desa Siraman berhasil dalam Perlombaan Desa tahun 2015. Sementara harapan warga Desa Siraman, setelah dikunjungi Tim dari DIY berharap menjadi juara satu dan maju ke tingkat Nasional. (Sarwo)

Komentar

Komentar