Permendag Diberlakukan, Minimarket Harus Bebas Miras

oleh -
Ilustrasi. Sumber : Google
iklan dispar
Ilustrasi.   Sumber : Google
Ilustrasi. Sumber : Google

WONOSARI,(KH) — Larangan Menteri Perdagangan nomor 6 Tahun 2015 tentang penjualan Minuman Keras (miras) golongan A akan diberlakukan di Gunungkiudul mulai 16 April 2015. Menjelang pemberlakukan peraturan tersebut, miras jenis bir dan semacamnya tidak lagi terpajang di lemari pendingin di sejumlah supermarket di Kota Wonosari.

Pantauan yang dilakukan KH di sejumlah minimarket, rak pendingin yang biasanya digunakan untuk menyimpan miras golongan A, tampak kosong. Minuman beralkohol golongan A ini biasanya diletakan di bagian paling bawah almari pendingin. Kini di tempat tersebut ditempati beberapa minuman jenis baru.

Salah satu penjaga minimarket yang enggan disebut namanya mengatakan, miras golongan A sudah ditarik dari peredaran sejak sepekan terakhir. Ketika dikonformasi lebih detail, pegawai perawakan tinggi ini tidak mengetahui secara pasti apa alasan penarikan miras tersebut.

“Sudah tidak menjual Bir dan semacamnya,” kata gadis berkacamata ini, saat ditemui di salah satu supermarket di Wonosari, Rabu (15/4/2015).

Diikonfirmasi terpisah, Kepala  Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan ESDM Gunungkidul, Hidayat membenarkan bahwa Permendag nomor 6 Tahun 2015 akan mulai diberlakukan sejak 16 April 2015. Setelah peraturan tersebut resmi diberlakukan, pihaknya berjanji akan terus memperketat pengawasan dan siap melakukan inspeksi lapangan.

“Tidak ada toleransi, jika ada yang melanggar, akan kita berikan sanksi tegas. Jika dalam operasi kita mendapatkan barang bukti, langsung akan kita tarik dari peredaran,”tegasnya. (Juju)

Komentar

Komentar