Sorgum Batan Digemari Burung

oleh -
Surgum. Foto : Sarwo
iklan dispar
Surgum. Foto : Sarwo
Surgum. Foto : Sarwo

PLAYEN, (KH) — Tanaman Sorgum bantuan dari Batan Pusat yang dicoba ditanam di Desa Playen pada musim penghujan 2015. Dibanding tanaman musim kemarau yang batang pohonnya kurang baik, batang pohon surgum justru subur dan buahnya cukup lebat. Tetapi karena biji sorgum bantuan Batan ini cukup manis, menjadi santapan ribuan burung, sehingga hasilnya tidak optimal.

Sebetulnya termasuk berlipat hasilnya. Dari benih 1,5 kg sorgum yang di tanam di demplot di Dusun Playen II, menghasilkan 25 kg sorgum, itupun hasil sisa dimakan burung. Kalau tak dimakan burung, bisa mencapai 35-40 kg. Hal tersebut dikatakan Harjono Kepala Dusun Playen I yang dihubungi KH Rabu (15/04) dirumahnya.

Kepala Desa Playen Surahno yang dihubungi terpisah menjelaskan, sorgum bantuan dari Batan Pusat memang sudah dipanen. Hasilnya baik, tetapi diserang burung, sehingga bisa panen dari sisa dimakan burung. Sorgum dari Batan buahnya manis, sehingga diserbu burung, sementara sorgum lokal tetap aman, tidak dimakan burung.

Sebetulnya buah sorgum sudah dibungkus plastic,tetapi burung tetap bisa masuk. Untuk menyebarluaskan tanaman sorgum, pemerintah desa akan menyelenggarakan lomba membuat kue dari tepung berbaha surgum bantuan Batan. setiap RT sudah diberi tepung hasil tanaman Sorgum musim penghujan 0,5 kg. Ada 33 RT yang diharapkan ikut lomba membuat kue, yang akan dipamerkan akhir Bulan April. Menurut Surahno Pameran akan dihadiri Bupati Gunungkidul dan dari Batan Pusat.

Ditambahkan Harjono, dalam waktu dekat dari Batan akan berkunjung ke Playen, akan kordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul, dalam usaha perluasan tanaman sorgum. Sementara Ketua Gapoktan desa Playen Mardi, membenarkan hasil sorgum bantuan Batan cukup baik, tetapi terkendala serbuan burung, sehingga hasil yang diperoleh petani, sisa dimakan burung. Tanaman yang dicoba di Desa Bleberan menurut Karyono juga baik, dicoba di Sawahan oleh Jenal juga baik. (Sarwo)

Komentar

Komentar