Peringati HUT Ke 48 : DPC PDIP Gunungkidul Bagi Tumpeng dan Gelar Penghijauan

oleh -
Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih didampingi fraksi dan pengurus menyerahkan tumpeng ke perwakilan warga. (KH/Kandar)

WONOSARI, (KH),— Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Gunungkidul menggelar peringatan di kantor setempat dengan mengikuti rangkaian agenda sebagaimana yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) secara virtual. Peringatan di kantor DPC di Wonosari, Minggu (10/1/2020) siang diikuti pengurus, dan ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) se Gunungkidul.

Pada peringatan yang mengusung tema Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan ini, PDIP serentak secara nasional melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan DPC membagikan nasi tumpeng berikut ingkung kepada masyarakat.

Dalam sambutan melalui video conference, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mengajak kepada para simpatisan, anggota, kader partai, dan para tokoh masyarakat di seluruh negeri, untuk mengisi rangkaian HUT PDIP dengan kegiatan peduli lingkungan dan penghijauan.

“Sejak kecil, saya selalu diajarkan oleh Bung Karno untuk mencintai dan menjaga alam raya dan seisinya demi masa depan anak cucu kita,” kata perempuan yang akrab disapa Mbak Mega ini.

Megawati menyerukan bahwa menanam pohon, menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri, merupakan wujud syukur atas keindahan tanah air Indonesia yang begitu kaya dengan keanekaragaman flora dan fauna.

Oleh Bung Karno, Mega mengaku diajarkan sebuah prinsip Tat Twam Asi. Bahasa Sanskerta itu memiliki arti “aku adalah kamu, kamu adalah aku”.

Nilai prinsip tersebut dinilai sangat penting. Tidak hanya di dalam mengatur hubungan antar sesama, namun juga bagaimana setiap manusia memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan. Dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah Memayu Hayuning Bawana.

“Semua karunia Tuhan di alam Indonesia ini seharusnya kita jaga. Kita ┬áharus memiliki kesadaran terhadap lingkungan,” ajak Megawati.

Atas kesadaran terhadap kelestarian lingkungan itulah, pihaknya mencanangkan Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai yang wajib dilakukan oleh seluruh anggota dan kader Partai serta masyarakat pada momentum HUT PDIP kali ini.

Lebih-lebih, lanjut Mega, peringatan ulang tahun PDI Perjuangan hari ini juga bertepatan dengan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia.

Rangkaian upacara peringatan HUT PDIP ke 48 di Gunungkidul. (KH/Kandar)

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, sebanyak 1000 orang yang terdiri dari pengurus, kader dan simpatisan dari DPC Gunungkidul mengikuti peringatan melalui zoom meeting sebagaimana instruksi DPP.

“DPC juga diwajibkan membuat 48 tumpeng. Jumlah tersebut sesuai jumlah usia PDIP. Keseluruhan akan dibagi ke masyarakat secara serentak,” kata Endah.

Pihaknya menekankan, pelaksanaan upacara peringatan dan pembagian tumpeng digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi menghindari penularan Covid-19.

DPC PDIP Gunungkidul Gelar Penghijauan

Sebagaimana instruksi DPP, 23 Januari nanti DPC PDIP Gunungkidul bersama seluruh kader dan simpatisan akan melakukan gerakan penghijauan di 4 sungai besar di Gunungkidul.

“Minimal 1000 pohon kita tanam. Hal yang sama dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Ini sebagai kado bagi Ibu Pertiwi dan Ibu Megawati,” ungkap Ketua DPRD Gunungkidul ini.

Dengan penghijauan yang masif, Endah berharap ekosistem lingkungan dapat terjaga. Sebab, dengan menanam pohon juga turut menjaga ketersediaan air dan oksigen. “Jika kita berlaku baik dan mencintai alam, alam juga akan memberikan balasan yang baik pada kita,” tutur Endah. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar