Peduli Lansia Playen, Dr Tugiman Sampaikan Santunan

oleh
Baksos Dr. Tugiman kepada lansia di Kecamatan Playen, Gunungkidul. (KH)

PLAYEN, (KH),– Sebagai bentuk kepedulian terhadap lansia di Kecamatan Playen, Dr. Tugiman menggelar bakti sosial belum lama ini. Agenda yang berlangsung di Balai Desa Ngunut, Playen tersebut juga diwarnai pentas seni Jatilan.

Tokoh warga asal Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar itu meminta kepada para penerima santunan untuk memaknainya sebagai bentuk kerelaan hati dan keinginan atau niat berbagi semata.

“Semoga bermanfaat, mohon tidak dilihat besar dan kecilnya,” kata dosen di Universitas Pasundan Bandung ini disela penyerahan puluhan paket bantuan kepada lansia perwakilan dari masing-masing desa di Kecamatan Playen.

Dirinya berharap sekaligus menyampaikan motivasi agar lansia tetap semangat menjalani hidup.

Puryanto, mantas Kades Ngunut mewakili warga penerima santunan mengucapkan terimakasih atas bantuan sosial yang disampaikan. Dirinya menyampaikan usul, wujud kepedulian juga agar ditunjukkan dalam bentuk atau aspek lain, misalnya bagi pelestarian seni di Gunungkidul.

Senada dengan Puryanto, pegiat seni Karawitan, Partini asal Desa Logandeng, Kecamatan Playen mengaku kelompok seni karawitan yang ada di lingkungannya menemui kendala dalam hal upaya pelestarian. Dirinya menyebutkan, piranti gamelan yang dimiliki kelompoknya kondisinya memprihatinkan.

“Gamelan yang kami miliki sejak puluhan tahun silam telah usang. Mohon mendapat dukungan,” pinta dia.

Menurutnya, sarana gamelan yang layak akan menambah motivasi kelompok untuk terus menjaga kelestarian seni karawitan diantaranya melakukan upaya regenerasi pelaku seni. (Kandar/Advetorial)

Komentar

Komentar