Mengingat Sejarah dengan Bersepeda

oleh -
iklan dispar

PALIYAN,(KH)— Kelompok penggemar sepeda Onthel Platuk hari ini Minggu (02/11/2014) melakukan kegiatan Gowes Tilas Sejarah menyusuri Desa Giring Paliyan yang berjarak 15 kilometer dari Wonosari. 

Kelompok komunitas sepeda onthel yang dipimpin oleh Gunadi mengunjungi beberapa situs sejarah antara lain Kali Gowang dan Petilasan Ki Ageng Giring.”Bersepeda bukan berarti lupa akan sejarah dan tradisi yang ditinggalkan oleh nenek moyang,” katanya.

Ia mengungkapkan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada anggota kelompok sepeda onthel yang lain tentang situs-situs yang berada di Desa Giring.”Kelompok sepeda Onthel Platuk sendiri mendukung dan akan ikut berpartisipasi dalam pelestarian kebudayaan dan tradisi yang ada,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Gunadi menjelaskan jika acara hari ini baru terkonsep pada Sabtu malam (01/11/2014) kemarin.”Awalnya hanya berkumpul rutin di rumah onthel namun ada salah satu yang mengusulkan untuk mengisi liburan dengan bersepeda ke tempat bersejarah,” jelasnya. 

Setelah puas menyusuri Desa Giring,kelompok sepeda ontel Pletok singgah dan beristirahat di rumah orangtua Gunadi di Desa Giring.Setelah makan malam selesai kemudian mereka melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Wonosari. 

Rencana acara seperti ini akan dilakukan komunitas sepeda Onthel Platuk untuk menyisir daerah-daerah bersejarah lainnya.”Disamping mendapatkan kesehatan juga dapat mengerti beberapa tempat di Gunungkidul yang banyak mengandung sejarah,” pungkas Gunadi.(Atmaja/Bara)

Komentar

Komentar