Mahasiswa UNY Asal Gunungkidul Peraih Emas Pimnas Dikirim Ke Korea

oleh -
Dika Andri Pradana mahasiswa UNY peraih emas dalam ajang Pimnas. (KH)
iklan dispar

KARANGMOJO, (KH),–, Keterbatasan tidak menghalangi prestasi belajar, ungkapan ini kiranya pas untuk menggambarkan pencapaian mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) asal Gunungkidul, Dika Andri Pradana.

Mahasiswa jurusan Bahasa Jerman ini bulan lalu bersama Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Bahasa dan Seni UNY berhasil meraih emas kategori presentasi sekaligus perak kategori poster dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Atas prestasi tersebut mahasiswa yang masuk UNY melalui jalur program Bidikmisi itu berkesempatan mengikuti konferensi internasional di Kore Selatan.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., Selasa, (24/12/2019) menyempatkan diri berkunjung ke kediaman Dika di Dusun Karangmojo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Ia datang menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas prestasi mahasiswanya itu.

“Hal ini bentuk kepedulian Universitas kepada mahasiswa berprestasi. Supaya menjadi contoh dan dorongan mahasiswa lain agar turut serius belajar mengejar prestasi,” harap Sutrisna Wibawa.

Keikutsertaan dalam konferensi internasional pada awal 2020 mendatang itu Dika dan timnya akan mempresentasikan hasil riset atau penelitiannya mengenai potensi wisata sekaligus kegiatan pendampingan yang dilakukan di Dusun Gerjo di Kecamatan Paliyan.

Menurut Sutrisna, ada dua aspek positif dan bermanfaat dari karya ilmiah yang berjudul ‘Gerjo Edu-Eco Wisata Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Gunungkidul’ yang dibuat Dika dan tim PKM itu.

“Pertama mahasiswa memiliki kepekaan riset, mampu melihat latar belakang masalah dan potensi yang tersimpan di suatu wilayah. Mahasiswa bersamaan juga melakukan pengembangan metodologi dalam riset. Lantas yang ke dua manfaat yang diraih yakni untuk pengembangan wilayah itu sendiri.

Sutrisna menganggap bahwa karya ilmiah Dika sangat relevan untuk Gunungkidul saat ini. Sebagaimana diketahui, potensi sekaligus pengembangan wisata sedang gencar dilakukan di Gunungkidul. Untuk itu, mahasiswa dapat mengambil peran dalam mengangkat suatu kawasan agar mengemuka menjadi destinasi wisata salah satunya dijadikan bahan karya ilmiah.

Komentar

Komentar