Kopisaji SMAN 1 Wonosari Luncurkan Buku “Darah Rasulan”

oleh -
iklan hut ri multazam

SAM_6998WONOSARI,(KH) — Komunitas Pecinta Sastra SMA Siji (KOPISAJI) Wonosari, pada Sabtu (30/05) meluncurkan Buku Antologi Sastra, yang diberi judul “Darah Rasulan” diambilkan dari 19 cerpen yang tersaji. Cerpen terbaik adalah “Darah Rasulan” karya Ira Andani Agustianingrum.

Menurut Wakhida Rohmah F S panitia Launching buku “DarahRasulan”, dalam buku produk Kopisaji SMAN I Wonosari, angkatan 2013/2014 ada 19 cerpen terpilih yang siap dibukukan, dan 10 judul Puisi karya tiga siswi. Dari 19 karya cerpen ternyata terpilih cerpen “Darah Rasulan” karya Ira Andani Agustianingrum, putra Haryanto-Isti Hidayati Jeruk Kepek Wonosari. Sedang 10 judul puisi, Salma Aira Permata Putri (6 puisi), Rahmadhanti Firmaningsih (2 puisi) dan Desi Prihantini (2 puisi).

Tim editor buku “Darah Rasulan” Esti Nuryani Kasam dan Hasta Indriyana, dalam launching buku ke 3 menyatakan puas, karya-karya anggota KOPISAJI sangat bagus dan siap cetak, refisi sangat kecil, diharapkan dalam buku ke 4 lebih baik lagi, diharapkan juga ada karya sastra dari siswa Laki-laki. Terpilihnya Cerpen “Darah Rasulan” karya Ira ini, menceritakan adat yang ada di Gunungkidul, setiap hasil panenan hasil pertanian, pasti diselenggarakan acara Rasulan.

Keramaian Rasulan dengan acara Kirab keliling desa, pentas kesenian dan wayangan. Tapi dalam “Darah Rasulan” ada kejadian yang mengenaskan, seorang ayah Bram namanya tewas berdarah ke lemparan tombak, dari orang yang tidak dikenal, setelah diusut yang disasar menjadi korban adalah Feri ketua panitia Rasulan. Sedang pelaku pelempar tombak adalah orang yang fanatic, bahwa Rasulan itu musyrik. Ternyata orang pelempar tombak itu mengalami gangguan jiwa, kematian Bram ayah Agni, membuat catatan khusus bagi Agni yang harus hidup berduan dengan ibunya, untuk membuang jauh peristiwa tersebut Agni dan ibunya hidup di kota,dengan buka Butik-nya.

Kepala Sekolah SMAN I Wonosari H Tamsir MPd, menyampaikan terima kasihnya kepada 22 siswi, yang berhasil menorehkan karya sastranya dalam buku Antologi Sastra berjudul “Darah Rasulan”,semoga ke 22 siswi anggota KOPISAJI tidak hanya berhenti di Buku Antologi, tetapi dapat menjadi penulis-penulis handal, selain membawa nama baik sekolah, juga membawa masa depan siswi lebih baik.

Selain meluncurkan buku ke 3, Kopisaji juga menyelenggarakan lomba menulis Cerpen untuk siswa-siswi SMP se Gunungkidul. Hasil lomba diumumkan Nida Fauziah, juara I Athif Yumna Hanifah SMP N 1 Wonosari, juara II Khairunnisa Zulfa Alifah SMP N 1 Karangmojo dan juara III Nor Hidayat SMP N 1 Ponjong. Juri lomba Cerpen Hasta Indriyana dan Esti Nuryani Kasam.

Dalam kesannya mengharapkan kader-kader penulis dari SMP terus ada, sehingga KOPISAJI tetap berlanjut membuahkan karya-karya sastra di SMAN I Wonosari.pungkas Esti Pembina Kopisaji. (Sarwo)

Komentar

Komentar