Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan 2020 Wilayah Yogyakarta

oleh -
Kubah Masjid Sunan Kalijaga masih awet hingga saat ini. Kubah Kuno ini diyakini merupakan kubah yang dipasang sejak bangunan pertama kali didirikan. KH/ Kandar.
iklan-idul-fitri-smkn3-wno

GUNUNGKIDUL, (KH),– Bulan suci Ramadan sudah tiba. Puasa jatuh pada Jumat 24 April sampai Sabtu, 23 Mei 2020. Berikut terlampir jadwal imsak dan buka puasa Ramadhan wilayah Yogyakarta tahun 2020.

Mengenai pelaksanaan rutinitas Ramadhan tahun ini, Kepala Kemenag Gunungkidul, H Aidi Johansyah menginformasikan, pada masa pandemi Covid-19 ini ada surat edaran dari Kementerian Agama RI terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H. Edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Kantor wilayah Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) seluruh Indonesia.

iklan kejari

Surat edaran yang dimaksud untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19. Selain terkait pelaksanaan ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, edaran ini juga mengatur tentang panduan pengumpulan dan penyaluran zakat.

“Namun tetap ada yang melaksanakan tarawih di masjid, tetapi secara umum sudah taat dengan himbauan pemerintah,” kata H Aidi Johansyah belum lama ini.

Jadwal imsak, buka puasa dan shalat wilayah DIY. (istimewa)

Sementara itu Takmir Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari, Drs Andar Jumailan menyebutkan, berdasar kesepakatan pengurus Takmir masjid, pihaknya tidak membuka ibadah Shalat Tarawih untuk umum. Begitu juga buka bersama dan iktikaf juga ditiadakan.

Sebelumnya, karena pandemic juga, kegiatan Shalat Jum’at juga tidak digelar di masjid terbesar di Gunungkidul ini. (Kandar)

hut gk kh

Komentar

Komentar