Grebeg Kampung Ramadhan Dompet Dhuafa di Aloeland, Wujud Pemberdayaan dari ZISWAF

oleh -
oleh
Ramadhan
Grebeg Kampung Ramadhan yang digelar Dompet Dhuafa berlangsung meriah. (KH/ Kandar)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dompet Dhuafa menggelar Grebeg Kampung Ramadhan di Jeruk Legi, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (20/3/2024).

Grebeg Kampung Ramadhan yang terlaksana berisi aneka kegiatan. Mulai dari tour rumah produksi olahan Aloevera, kajian agama, santunan anak yatim dan honorer. Diwarnai pula dengan dongeng ceria bagi puluhan anak, masak Menu berbuka sebanyak ratusan buah dan konser Mr Jarwo eks Naif Band.

Sebagai penutup, digelar buka bersama dengan menu yang dibuat sendiri oleh ratusan masyarakat yang terlibat.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta Muhammad Zahron menyampaikan, bersamaan juga diberikan wawasan atau literasi mengenai zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf).

iklan golkar idul fitri 2024

“Rumah produksi Aloeland merupakan bentuk keberhasilan dari Ziswaf. Dahulu kami dampingi mulai dari permodalan, produksi hingga pemasaran,” tutur Zahron.

Lebih jauh disampaikan, wilayah Jeruk Legi saat ini berubah menjadi Aloeland, kawasan budidaya dan produksi aneka olahan berbahan lidah buaya.

Dia menambahkan, kegiatan Grebeg juga menjadi bagian upaya Dompet Dhuafa dalam mengedukasi masyarakat tentang peran ZISWAF yang digulirkan dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat. Seperti Aloe land ini.

“Selain itu kami turut menyalurkan Tebar Zakat Fitrah dan Parsel Ramadan,” imbuhnya.

Pihaknya menegaskan, pengelolaan Ziswaf yang tepat, akan menumbuhkan perekonomian masyarakat yang dimulai dari pemberdayaan berbasis UMKM. Termasuk dalam dakwah, pendidikan, kesehatan maupun budaya kolaborasi meratakan kesejahteraan masyarakat.

Murni, salah satu pegiat UMKM makanan ringan mengaku sangat bersyukur dengan hadrinya program Grebeg Kampung Ramadhan.

“Alhamdulillah, dagangan saya laris diborong oleh tim Dompet Dhuafa. Semua dibeli untuk memenuhi sajian berbuka puasa bagi anak-anak,” katanya bersyukur. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar