IKKJ Bantu Pemerintah Dan Aparat Sampaikan Informasi Valid

oleh -
Baksos IKKJ di Trowono, Desa Karangasem, Paliyan. Foto: IKKJ.
kadhung tresno
Baksos IKKJ di Trowono, Desa Karangasem, Paliyan. Foto: IKKJ.

WONOSARI, (KH)— Guna membantu masyarakat dan aparat terkait untuk segera melalukan reaksi cepat atas peristiwa darurat yang terjadi di wilayah DIY dan sekitarnya, Komunitas Informasi Kedauratan dan Kepedulian Jogjakarta (IKKJ) terus berupaya memberikan informasi yang valid.

Kepedulian yang diberikan komunitas IKKJ, menyusul banyaknya kasus kekerasan jalanan di Yogyakarta  atau yang biasa disebut dengan aksi Klitih. Sebagaimana diketahui kriminalitas yang tengah marak ini menjadi perhatian banyak kalangan, begitu juga IKKJ.

“IKKJ juga telah berkoordinasi dengan PMI, BPBD, Tagana dan bersinergi dengan aparat kepolisian guna memberikan informasi darurat. Harapannya ada rekasi cepat atas peristiwa yang terjadi,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang IKKJ Gunungkidul, Arsakha Virendra, Minggu, (12/3/2017).

Arsakha Virendra berharap, IKKJ hadir ditengah masyarakat dapat membantu pemerintah dan aparat kepolisian memberikan informasi yang valid tentang berbagai peristiwa di Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komunitas IKKJ, Ayon Setiadi mengatakan, komunitas IKKJ berbagai informasi kedaruratan dan kepedulian melalui media sosial facebook. Saat ini IKKJ memiliki member di jejaring sosial facebook sebanyak 25.000 orang.

Komunitas yang aktif di jejaring sosial facebook sejak tahun 2016 ini juga ikut memantau aksi klitih yang meresahkan masyarakat dengan mendirikan posko bayangan di empat kabupaten dan satu kota madya di DIY.

“IKKJ juga aktif melaskanakan kegiatan sosial memberikan bantuan kepada warga kurang mampu baik di Kabupaten Gunungkidul, Sleman, Bantul maupun di Kabupaten Kulon Progo,” terang Ayon. Selain itu, IKKJ juga memiliki program advokasi atau memberikan bantuan hukum gratis bagi warga kurang mampu yang membutuhkan pendampingan hukum.

Pada kegiatan pertemuan ke sembilan yang dilaskanakan di Gunungkdul, Komitas yang mendapat penghargaan dari Kapolda DIY ini memberikan sejumlah bantuan kepada Kaliyem, warga kurang mampu yang tinggal di Padukuhan Trowono, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan. Usai bakti sosial mereka mengadakan bersih pantai di Pantai Nguyahan dan Ngobaran. (Wibowo)

Komentar

Komentar