HUT IKG Momentum Pengenalan UKM dan Pariwisata Kecamatan Patuk

oleh -
camat Pathuk di depan lapak kecamatan Pathuk. Foto : Atmaja.
iklan dispar
camat Pathuk di depan lapak kecamatan Pathuk. Foto : Atmaja.
Camat Patuk di depan lapak Kecamatan Pathuk. Foto : Atmaja.

JAKARTA, (KH) — Ulang tahun Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) menjadi momentum tersendiri untuk mengenalkan produk apa saja yang telah berhasil dikembangkan di Gunungkidul. Momentum tersebut dimanfaatkan oleh Kecamatan Patuk untuk mengenalkan produk dan destinasi wisata yang berada di Kecamatan Patuk.

Terdapat beberapa lapak makanan dan cinderamata pada saat ulang tahun IKG ke-44 yang berlangsung di Balai Prajurit Marinir Cilandak, Jaksel kemarin, Minggu (18/01/2015). Beberapa hidangan dan cinderamata membuat perantau Gunungkidul merasakan kembali masakan maupun cinderamata dari daerah asal.

Adanya lapak tersebut dimanfaatkan oleh Kecamatan Patuk untuk mengenalkan potensi yang ada di Kecamatan Patuk. Produk makanan seperti getuk all out dan telophat dijadikan hidangan andalan dari Kecamatan Patuk.

Camat Patuk R. Haryo Ambar Suwardi mengatakan, momentum berkumpulnya warga Gunungkidul yang berada di Jakarta dan sekitarnya, menjadi salah satu peluang untuk mengenalkan produk yang dibuat oleh warga Patuk. Menurut Ambar, panggilan akrabnya, hal ini merupakan komitmen dari Kecamatan Patuk dengan berbagai trobosan untuk membantu kesejahteraan rakyat kecil yang berada di Kecamatan Patuk.

“Hampir di setiap momentum yang ada, jika memang di ijinkan oleh panitia, kami terus melakukan pengenalan,” ucapnya, Senin (19/01/2015).

Ambar mengajak kepada seluruh Kades di Kecamatan Patuk yang juga menghadiri acara HUT IKG, untuk ikut terjun langsung membantu pengenalan produk yang dihasilkan oleh warganya. “Sebelum berangkat ke Jakarta saya sudah melakukan komunikasi kepada seluruh Kades agar membawa potensi yang ada di masing-masing desa,” ujar Ambar.

Sementara itu, Sukardi Kepala Desa Putat mengungkapkan, sangat senang bisa ikut membantu pelaku UKM di Patuk. Membantu UKM di Pathuk, agar produk yang mereka buat dapat semakin berkembang. Ia menambahkan, beberapa warga Patuk yang berada di perantauan, siap membantu dalam pengenalan destinasi wisata di Kecamatan Patuk.

“Intinya, baik pihak Kecamatan, perangkat desa dan warga Patuk yang berada di perantauan, siap dan dengan senang hati membantu agar Kecamatan Patuk bisa berkembang dan maju. Warga perantauan merasa senang, ketika suatu hari nanti Kecamatan Patuk menjadi salah satu andalan destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul,” tandas Sukardi. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar