Gagal Panen, Festival Durian Batal Digelar

oleh -
Festival Durian tahun 2015 lalu. KH
iklan dispar
Festival Durian tahun 2015 lalu. KH
Festival Durian tahun 2015 lalu. KH

PATUK, (KH) — Musim durian di wilayah Patuk kali ini tergolong buruk, bahkan dapat dibilang gagal panen, alhasil acara Festival Durian tahun ini juga batal digelar, sehingga rencananya akan diganti dengan acara festival yang lain.

Haryo Ambar Suwardi selaku camat Patuk mengatakan, saat ini pihaknya sedang memikirkan  pengganti acara festival durian dengan festival kuliner tradisional di Kecamatan Patuk .

“Mungkin kami akan menggelar Festival Sompil untuk mengganti acara Festival Durian yang gagal dilaksanakan, rencananya kegiatan itu akan diselenggarakan Maret atau April nanti,”Jelasnya, Sabtu (20/2/2016).

Salah satu petani durian didesa Putat, Kecamatan Patuk, Maryani (65) mengatakan, hasil panen durian ditahun ini sangatlah buruk. Dari 15 pohon yang dimilikinya hanya beberapa pohon yang berbuah, sehingga hasilnya tidak bisa maksimal seperti tahun lalu.

“Tahun ini hasilnya hanya bisa dinikmati sendiri karena tidak memungkinkan untuk dijual,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa kegagalan panen durian tahun ini dikarenakan faktor cuaca. Adanya kemarau panjang dimusim lalu membuat bibit buah durian tak berkembang maksimal. Alhasil bibit buah durian itu rontok sehingga hasilnya jauh dari harapan.

“Tahun ini merupakan masa panen durian yang teburuk,” Imbuhnya.

Meski hasil panen durian tahun ini jauh dari harapan, ia berharap ditahun yang akan datang panen yang dihasilkan kembali normal. (Edo)

Komentar

Komentar