Empat Hari Libur Lebaran, Retribusi Wisata Gunungkidul Raup Rp1 Miliar

oleh -
Wisata gunungkidul
Wisatawan antre di pos retribusi masuk kawasan pantai di Gunungkidul. (Istimewa)
iklan golkar idup fitri

GUNUNGKIDUL, (KH),– libur panjang Lebaran 2022 destinasi wisata di Gunungkidul ramai dikunjungi wisatawan. Selain masyarakat lokal, sebagian besar wisatawan datang dari berbagai kota di luar DIY, seperti dari wilayah Jawa Tengah dan Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Arif Aldian menyampaikan, jumlah kunjungan pada Kamis, (5/5/2022) sebanyak 59.244. Hari Kamis mencatatkan jumlah kunjungan tertinggi sejak libur Lebaran dimulai.

Berdasar data yang dikumpulkan Dispar, pada Senin (2/5/2022) jumlah wisatawan berkunjung sebanyak 5.138 wisatawan, Selasa (3/5) sebanyak 21.736 wisatawan, Rabu (4/5) naik dua kali lipat menjadi 48.364 wisatawan.

Adapun untuk akumulasinya, selama libur 4 hari ada sebanyak 134.482 orang mengunjungi Gunungkidul.

“Perolehan retribusi mencapai Rp1 Miliar. 80 persen wisatawan berkunjung ke pantai,” ungkap Arif.

Adapun target kunjungan libur Lebaran tahun ini yang dipatok oleh Dispar sebanyak 154.403 orang. Sejauh ini target telah terpenuhi hingga 87,1 persen.

Tak hanya mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), kunjungan wisatawan juga memberikan peningkatan penghasilan bagi pelaku usaha.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Sunyoto mengatakan, libur lebaran kali ini memberikan kenaikan pendapatan yang signifikan.

“Berbeda dengan tahun lalu, dengan adanya kebijakan PPKM utamanya larangan mudik dan penutupan destinasi wisata,” ujarnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar