Dari Membersihkan Belalang Poni Peroleh Tambahan Rejeki

oleh -
Poni lakukan pekerjaan sambilan sebagai pembetet belalang. Foto: Atmaja.
iklan dispar
Poni lakukan pekerjaan sambilan sebagai pembetet belalang. Foto: Atmaja.
Poni warga Jelok Pacarejo lakukan pekerjaan sambilan sebagai pembetet belalang. Foto: Atmaja.

SEMANU, (KH) — Berbagai cara dapat ditempuh untuk menambah penghasilan keluarga. Seperti yang dilakukan Poni (43) warga Padukuhan Jelok Desa Pacarejo Semanu,  yang setiap hari melakukan pekerjaan bebes walang atau membersihkan bulu dan kotoran dari belalang sebelum dimasak.

Dari upah melakukan pekerjaan tersebut, Poni dapat menambah penghasilan untuk kebutuhan hidup keluarganya. “Untuk biaya sekolah anak,  agar anak nantinya bisa mendapatkan kesuksesan,” ujarnya saat bertemu KH di rumah warga Jelok yang menjadi tempat usaha pembuatan belalang goreng kuliner khas Gunungkidul, Senin (9/03/2015).

Ibu dari tiga orang anak tersebut sudah hampir 5 tahun menekuni pekerjaan tersebut. Setelah selesai melakukan pekerjaan di ladang, ia menuju rumah industri pengolahan belalang di dekat tempat tinggalnya.

“Dari hasil kerja sebagai bebes walang cukup membantu biaya sekolah kedua anak saya,” jelas Poni.

Dari pekerjaan yang dilakukan, ia mengaku mendapatkan penghasilan rata-rata Rp 25 ribu per hari. Ini bergantung pada jumlah belalang yang dibersihkan sebelum dimasak. Terlihat jari Poni berwarna kecoklatan akibat terkena liur dari belalang.

Poni merasa bersyukur, karena masih diberi kesehatan dan mendapatkan pekerjaan tambahan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. “Ya, pertama memang terasa gatal setelah melakukan pekerjaan tersebut. Tetapi karena sudah terbiasa melakukan pekerjaan ini, lama-lama kebal,” ungkapnya.

Harapan yang dipinta dari Poni adalah diberikan kesehatan, agar dapat bekerja dan membantu suaminya yang bekerja sebagai buruh bangunan. “Saya tetap berharap dapat melakukan pekerjaan sebagai bebes walang selagi saya sehat dan mampu mengerjakannya,” tandasnya.(Atmaja).

Komentar

Komentar