Dalam 15 Menit Paket Sayuran ‘Warung Gratis’ Dari DPP Ludes

oleh -
Warung Gratis terobosan DPP Gunungkidul. (KH)
iklan hut ri multazam

WONOSARI, (KH),– Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul membuka Warung Gratis dengan komoditas paket sayuran. Warung Gratis di kompleks kantor DPP dibuka perdana, Senin, (11/5/2020).

Kepala DPP, Bambang Wisnu Broto mengatakan, Warung Gratis merupakan inisiasi untuk berbagi paket sayuran setelah mempertimbangkan perkembangan kondisi dampak Covid-19 yang mulai berdampak pada pertanian khususnya petani sayur.

“Dengan lesunya perekonomian, sektor pertanian ikut terdampak utamanya harga sayuran ikut turun,” kata Kepala DPP, Bambang Wisnu Broto.

Disebutkan, bahan dagangan berupa sayur diutamakan berasal dari para petani penanam sayur. Hal tersebut bertujuan untuk menggerakkan perekonomian para petani sayur yang terdampak Covid-19

“Warga yang membutuhkan bisa mengambil dan yang mau berbagi bisa juga ikut menjadi penyumbang,” imbuh Bambang.

Lebih jauh disampaikan, agenda tersebut merupakan aksi sosial dari karyawan karyawati DPP dalam rangka ikut menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan solidaritas sosial dalam masa pandemi Covid-19.

Diharapkan, upaya tersebut dapat menjangkau warga yang membutuhkan bantuan. “Agar semakin banyak masyarakat yang terbantu, mari berpartisipasi langsung di pos Warung Gratis DPP,” ajak Bambang.

Rencananya warung gratis DPP dibuka setiap Senin, Selasa dan Rabu dalam setiap minggunya. Jam buka dimulai jam 10.00 WIB pagi sampai selesai. Sementara rencana baru sampai di bulan Mei 2020.

“Selain ingin membantu warga yang membutuhkan, kami juga ingin membantu menyalurkan hasil panen sayuran,” tukas Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Tanaman Pangan DPP Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan, tidak ada kriteria khusus masyarakat yang boleh mengambil sayuran secara gratis. Program ini berlaku bagi seluruh warga yang mau datang. Dagangan yang disediakan habis dalam 15 menit usai dibuka.

Adapun syaratnya warga yang datang diminta  tetap mematuhi prosedur penanganan Covid-19, yakni cuci tangan dan tetap menggunakan masker serta jaga jarak.

“Ada 115 paket yang kami sediakan. Selain sayur, di dalam paket tersebut ada cabai, bawang merah, bawang putih, tahu, tempe, serta daging ayam. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berkelanjutan,” ucapnya. (Kandar)

Komentar

Komentar