BPS Bersiap Lakukan Sesus Penduduk Mei Nanti, Warga Diminta Jujur

oleh -
Bps
Sosialisasi Sensus Penduduk oleh BPS di Pemkab Gunungkidul. (Ist)
iklan golkar idup fitri

GUNUNGKIDUL, (KH),– Setidaknya sekitat 56,6 ribu rumah tangga yang terpilih di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi sampel Sensus Penduduk (SP2020) Lanjutan yang akan digelar mulai Tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2022.

Kepala BPS Gunungkidul Rintang Awan Eltribakti dalam sosialisasi SP2020 di ruang rapat Handayani Setda Pemkab Gunungkidul, Kamis, (26/4/2021) mengatakan, rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020 terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama penduduk indonesia dicatat dengan menggunakan kuisioner sederhana (shot form) pada tahun 2020. Pada tahap kedua BPS melakukan pendataan secara lebih rinci.

“Pada tahap kedua indikator lebih lengkap seperti demografi, karakteristik penduduk, perpindahan penduduk, pendidikan, disabilitas, kelahiran, kematian, dan perumahan,” katanya.

Rintang juga menjelaskan, bagi rumah tangga terpilih yang menjadi sampel, akan didatangi petugas sensus yang akan memberikan pertanyaan. Sebelumnya petugas akan berkoordinasi dengan aparat lingkungan setempat (RT/RW) sebelum melakukan pendataan.

“Ciri petugas yang datang dipastikan menggunakan rompi berwarna biru tua, dengan logo BPS, Sensus Penduduk 2020, dan tulisan Petugas Sensus di punggung. Petugas juga membawa surat tugas dari BPS Kabupaten,” paparnya.

Pihaknya berharap bagi rumah tangga yang terpilih menjadi sampel dapat memberikan jawaban yang benar dan jujur. “Bantu kami mencatat indonesia,” pintanya.

Sementara Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutanya mengatakan, masyarakat diharapkan ikut mendukung program SP2020. Hasil surve ini nanti akan menghasilkan sebuah menyajikan kondisi Gunungkidul dalam bentuk angka.

“Hasil SP2020 ini nantinya bisa digunakan untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan serta penentuan kebijakan,” jelasnya. (Bara)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar