Sensus Pertanian Segera Dilaksanakan, Masyarakat Diminta Jujur

oleh -3163 Dilihat
oleh
Pertanian
Pembukaan Festival Tradisi Tani di Ngleri, Playen, Gunungkidul. (dok. Kominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sensus Pertanian segera dilakukan. Sensus pertanian akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik di masing-masing kabupaten.

Kepala Biro Humas Badan Pusat Statistik Nasional Margaretha Ari Anggorowati mengatakan, pendataan atau sensus pertanian akan dilaksanakan tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2023.

“Guna mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang struktur pertanian di suatu wilayah. Nanti akan digunakan dalam penyaluran bantuan subsidi pupuk agar tepat sasaran,” kata Margaretha saat hadir dalam pembukaan Festival Tradisi Desa Tani, Sabtu (25/02/2023) di Ngleri, Palyen, Gunungkidul.

Margaretha juga menghimbau kepada seluruh petani untuk menyampaikan jawaban yang jujur dan relevan pada saat petugas melakukan pendataan.

Dalam pembukaan festival tradisi desa tani tersebut dilaksanakan penanaman pohon mangga, rambutan, alpukat dan pohon durian oleh Bupati Gunungkidul, Kapolres Gunungkidul, serta Perwakilan dari Badan Pusat Statistik Nasional.

Sementara itu Ketua Perwosi DIY, Gusti Kanjeng Ratu Hemas menyampaikan arahan seusai membuka festival tradisi desa tani.

Dalam arahannya GKR Hemas mengungkapkan, DIY memiliki area tanam 106.930 hektar. Sementara itu Kabupaten Gunungkidul yang memiliki area tanam terluas dibanding kabupaten lain.

Selain sebagai penyuplai sumber pangan pokok, Kabupaten Gunungkidul juga diharap menjadi daerah penyuplai nangka terbesar untuk mencukupi kebutuhan kuliner khas Yogyakarta.

“Baik nangka sayur yang digunakan sebagai salah satu olahan kuliner gudeg maupun nangka buah,” kata dia. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar