Berbagai Manfaat Kunyit

oleh -
iklan dispar
Penulis: Suyanti

KABARHANDAYANI,– Kunyit, tentu semua sudah mengenalnya. Kunyit merupakan salah satu tanaman bahan baku industri yang mudah dijumpai di sekitar pekarangan rumah. Kunyit  memiliki nama latin Curcuma Domestica Val. Warnanya yang mencolok tentu sangat mudah untuk dikenali. Tapi tahukah bahwa segudang manfaat dimiliki oleh kunyit?


Kunyit memiliki senyawa kurkumin, yaitu zat yang membuat warna kuning pada kunyit. Kurkumin adalah senyawa antioksidan dan antiflamasi yang kuat. Menurut hasil penelitian, kurkumin ini juga efektif sebagai zat anti kanker.
Dalam buku “Seri Tanaman Bahan Baku Industri”, dijelaskan bahwa kunyit terdiri dari beberapa jenis yaitu, kunyit kuning (kunyit yang sering dijumpai di dapur rumah), kunyit hitam, kunyit putih, kunyit merah dan kunyit hijau.


Membahas tentang manfaatnya, kunyit memiliki berbagai manfaat di antaranya: sebagai bumbu masakan, sebagai obat untuk kesehatan, dan untuk  perawatan kecantikan.


Sejak jaman dulu, kunyit memang lebih dikenal sebagai bumbu untuk aneka ragam masakan. Contohnya, untuk membuat nasi kuning dan dibuat minuman kunyit asam. Namun kunyit ternyata juga bisa dijadikan pewarna alami makanan yang bebas dari zat kimia. Selain itu kunyit juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan yang hendak diolah dengan cara mencampurnya dengan bumbu-bumbu yang lain.


Manfaat kunyit untuk kesehatan juga sangat banyak. Kunyit dapat digunakan sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka. Misalnya luka terkena pisau atau pun luka terbakar. Hal itu karena kunyit juga memiliki zat antiseptik dan zat anti bakteri. Jenis kunyit putih juga dapat digunakan untuk penyakit kanker, karena jenis kunyit ini memiliki kandungan kurkumin yang cukup tinggi.


Selain itu, kunyit telah lama dikenal untuk mengobati system gastro intestinal tubuh. Kunyit membantu perut dalam menjaga tingkat keasaman pencernaan yang banyak dinyatakan dapat membahayakan tubuh. Beberapa manfaat kunyit untuk perut dan sistem pencernaan kita diantaranya membantu masalah pencernaan, mencegah penumpukan gas, menjaga kesehatan lambung, dan mengatasi gangguan sembelit.


Salah satu alternatif mengkonsumsi kunyit untuk menjaga kesehatan adalah dengan cara berikut. Bersihkan beberapa potong ibu jari kunyit segar dengan dikerik kulit arinya menggunakan sendok. Kemudian parut kunyit tersebut, kemudian tambahkan satu gelas air matang. Saring dengan saringan yang bersih sambil ditekan-tekan.


Sebelum diminum tambahkan satu sendok makan madu asli dan jeruk nipis untuk menambah rasa. Jika tak ada madu, bisa diganti dengan gula merah. Minum satu gelas setiap pagi 2-3 kali dalam seminggu. Kunyit aman dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan setiap hari. Namun, wanita hamil dan menyusui sebaiknya menghindari segala produk/suplemen yang banyak mengandung kunyit. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsinya.


Manfaat selanjutnya dari kunyit yaitu untuk kecantikan. Jika ingin mendapatkan kulit yang bersih dan sehat, kunyit dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat lulur. Selain itu ternyata kunyit juga bisa dibuat menjadi sabun mandi. Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbangda) Pertanian Provinsi Sumatra Selatan telah berhasil membuat sabun berbahan kunyit.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan, lebih dari separuh rimpang kunyit memiliki kandungan Vitamin C. Sabun berbahan dasar kunyit ini bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan Antioksidan yang terkandung dalam kunyit juga lebih banyak daripada vitamin E. Hal inilah yang menyebabkan kunyit sangat bermanfaat untuk perawatan kulit dan wajah. Masih banyak lagi manfaat lain dari kunyit yang harus digali. Semoga bermanfaat.


Referensi :

    1. http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-lambung-dan-perut.html

  • Buku “Seri Tanaman Bahan Baku Industri” Kunyit. Penulis Bambang Haryono, S.T.P. dan Sucipto. Penerbit PT.Trisula Adisakti

Komentar

Komentar