Yayasan Pendidikan Astra-MDR Turut Serta Dan Aktif Dalam Pembentukan Desa Sejahtera

oleh -
Kegiatan Workshop di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul yang diselenggarakan YPA-MDR. KH
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sebagai bentuk nyata komitmen untuk memajukan wilayah Prasejahtera menuju Desa Sejahtera, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) membentuk Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera (KBADS).

Salah satu sasaran KBADS berada di Gunungkidul tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari. Kegiatan KBADS dilaksanakan di wilayah tersebut selama tiga hari yakni, 6-8 April 2019. Pengurus YPA-MDR melakukan kunjungan meninjau kegiatan KBADS Minggu, (7/4/2019) kemarin.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, hadir sejak 2007 di Kabupaten Gunungkidul, PT. Astra International Tbk melalui YPA-MDR awalnya merintis dan membina SDN Candi, SDN Tengklik, SDN Prengguk 1, SDN Prengguk 2, SDN Gupit, SDN Tegalrejo, SMPN 2 Gedangsari dan SMKN 2 Gedangsari dengan konsep sekolah eskalator. Peran serta YPA-MDR yang turut aktif memajukan pendidikan di wilayah ini merupakan bentuk kontribusi dalam menciptakan generasi muda yang unggul.

YPA-MDR memberikan pembinaan 4 pilar yaitu akademi, seni budaya, karakter dan kecakapan hidup. Sekolah binaan YPA-MDR telah menorehkan berbagai prestasi gemilang hingga di tingkat nasional. Seperti predikat juara 1 Lomba Guru Produktif yang diraih oleh pendidik di SMKN 2 Gedangsari.

“Kurun waktu hampir 12 tahun YPA-MDR telah melahirkan Sekolah Unggul yang menuju pada Sekolah Berwawasan Global yang diwujudkan dengan sekolah berbasis Information Communication Technology (ICT) di SMKN 2 Gedansgari dan SDN Candi, sekolah bersertifikasi ISO 9001:2015 di SMKN 2 Gedangsari dan SDN Prengguk1, program Guru dalam Forum International yaitu Training for Educator di India, dan juga program volunteer dari Dejavato,” urai Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo, Minggu, (7/4/2019) ketika melakukan Kunjungan Kampung Berseri Astra (Astra) di Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul.

Program Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera (KBADS)

Selain ada binaan sekolah, YPA-MDR melaksanakan program KBADS. YPA-MDR telah mempersiapkan Komite Sekolah yang tergabung dalam Forum Paguyuban Komite Sekolah. Kelompok ini dilatih dan dibina dengan program kewirausahaan. Selain itu, YPA-MDR juga melakukan program Teaching Factory bagi lulusan SMKN 2 Gedangsari menjadi calon-calon Usaha Kecil & Menengah (UKM) bidang tata busana.

“Melalui program pembinaan pendidikan yang dilakukan oleh YPA-MDR, diharapkan berdampak positif pada pemberdayaan masyarakat menuju ekonomi kerakyatan,” harap Herawati Prasetyo.

Program KBADS merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial Grup Astra untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dengan fokus pada 4 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan. Bentuk program ini meliputi pendampingan, pelatihan, bantuan sarana prasarana penunjang program, dan pencarian offtaker untuk pilar kewirausahaan.

Saat ini Astra telah melakukan pengembangan KBADS di 78 Kampung dan 363 Desa Sejahtera di seluruh Propinsi di Indonesia. Di Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur terdapat 10 KBA dan 23 Desa Sejahtera binaan Grup Astra dan Yayasan Astra.

Komentar

Komentar