Humas Polsek Tepus Kreatif Bikin Film Pendek Sampaikan Aneka Himbauan

oleh -
Brigadir Hernowo (tengah) saat adegan pada film pendek bertema pemilu damai. KH.
iklan hut ri multazam

TEPUS, (KH),– Short movie atau film pendek yang simpel namun dapat mencuri perhatian penonton sengaja dibuat personil Polsek Tepus untuk mensosialisasikan dan menyampaikan berbagai himbauan kepada masyarakat.

Video berkonten pesan dan himbauan oleh penggagasnya, Banit Humas Polsek Tepus, Brigadir Hernowo Setiaji dinilai sangat efektif. Pembuatan film pendek selaras dengan perkembangan kemajuan IT dan kebiasaan masyarakat yang dewasa ini erat dengan sosial media.

“Video pendek dan film pendek yang sudah dibuat mengenai pesan tertib lalu lintas, seputar berita hoaks, pesan pemilau damai serta yang menunggu tayang mengenai bahaya miras,” katanya Senin, (8/4/2019).

Pembuatan video pendek dan film pendek mulai digagas semenjak bertugas di Polsek Tepus sekitar dua tahun terakhir. Dalam perjalanannya banyak kendala yang dihadapi. Selain teknis pengambilan video yang harus sering diulang, ketersediaan alat pendukung juga menjadi bagian masalah yang dihadapi.

“Tampil dalam adegan merupakan hal baru bagi saya. Untuk alatnya ya mau tidak mau sewa dengan biaya sendiri,” imbuh lelaki asli Magelang ini.

Dalam film, biasanya ia selalu tampil menjadi pemeran yang muncul pada klimaks cerita. Menyampaikan himbauan sekaligus kesimpulan penutup.

Sementara, pemeran lain dalam film, Brigadir Hernowo melibatkan pemuda pegiat sosial media di wilayah Tepus, Tedi. Tedi mengaku bangga terlibat pembuatan film pendek dengan tujuan positif tersebut. Selama ini, dirinya sebatas membuat video-video lucu yang bertujuan untuk menghibur.

Dirinya menyadari, menjadi bagian kaum milenial Tedi merasa perlu terlibat dalam kampanye-kampanye menggunakan konten yang memiliki nilai serta bermanfaat.

Harapan pemilik akun youtube ‘Inisial T’ ini, video atau film berkonten positif tersebut juga menjadi bagian melawan konten negatif yang dapat menyebar dengan cepat di sosial media. Film juga dinilai merupakan media yang cair dan mudah dicerna maksud isinya.

Lebih jauh Brigadir Hernowo menyampaikan, gagasan film pendek yang dibuat di lingkup wilayah hukum tempatnya bertugas merupakan misi pribadi di luar tugas fungsi utama untuk meneruskan slogan Kapolri yaitu promoter (profesioanal modern dan terpecaya).

“Tujuannya jelas memberikan penerangan dan pemahaman kepada masyarakat berkaitan dengan isu yang berkembang dan meminimalisir potensi konflik sosial,” sambung Brigadir Hernowo.

Komentar

Komentar