Wirausaha Ala SLB Darma Putra Semin

oleh -
iklan dispar

SEMIN, Kabarhandayani.– Keterbatasan tidak menutup minat dan bakat anak untuk terus berkreasi. Salah satunya adalah anak berkebutuhan khusus Sekolah Luar Biasa (SLB) Darma Putra Semin. Mereka sangat antusias mengikuti latihan keterampilan yang ada di sekolahnya.

Risdiyatun, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Urusan Kesiswaan SLB Darma Putra mengatakan, bahwa siswa-siswanya memang dibekali keterampilan dengan harapan agar bisa berwirausaha secara mandiri.

“Kita bekali keterampilan untuk berwirausaha, siapa tahu mereka bisa mengembangkan usaha di daerahnya masing-masing,”katanya.

Risdiyatun menambahkan bahwa hasil karya anak-anaknya sudah dipasarkan baik-melalui  pameran-pameran, pertemuan-pertemuan  maupun door to door. Saat ini anak-anaknya sudah bisa membuat sendiri produk-produk kerajinan tangan tersebut, namun juga tetap membutuhkan bimbingan gurunya.

“Anak-anak tetap butuh bimbingan. Kita hanya memberikan pola dasar saja, kemudian anak-anak bisa mengembangkan lebih baik dari yang kita ajarkan. Memang butuh waktu yang lama namun hasilnya tidak kalah dengan buatan anak-anak normal pada umumnya. Hasilnya pun sudah kita pasarkan ketika ada pameran, pertemuan-pertemuan maupun door to door,” jelasnya.

Dukungan pemberdayan dari semua pihak pada mereka sangat diperlukan. Salah satunya adalah dengan memesan hasil-hasil karya mereka agar mereka terus termotivasi berkarya dan menciptakan model-model baru. Produk kerajinan tangan yang mereka buat antara lain berupa bros, bunga, tempat tisu, tempat tisu, vas bunga, gantungan dan sebagainya. (Sidik Kasianto/Jjw)

Komentar

Komentar