Warga Wediombo Persiapkan Tradisi Ngalangi

oleh -
Panitia Ngalangi. Foto : Rado
kadhung tresno
Panitia Ngalangi. Foto : Rado
Panitia Ngalangi. Foto : Rado

GIRISUBO, (KH) — Warga Wediombo akan melakukan tradisi ngalangi atau sedekah laut di pantai wediombo yang akan dilaksanakan pada Bulan April mendatang. Warga langsung melakukan persiapan, di antaranya dengan pembentukan panitia.

Pembentukan panitia baru dilakukan karena pada tahun tahun kemarin panitia hanya beranggotakan perangkat desa, sehingga perlu diadakan pembentukan anggota baru. “ ngalangi ki sing dimong-mongi ki nelayan karo petani dadi panitiane yo seko nelayan ro petani” ungkap pak sudarso selaku ketua panitia pada Tahun kemarin sekaligus ketua panitia yang baru.

Serah terima jabatan panitia yang lama ke panitia yang baru akan dilakukan jumat 20 maret 2015 mendatang. . Panitia tradisi ngalangi dibentuk dari dua Pokdarwis yaitu Pokdarwis Pantai Wediombo dan Pokdarwis Pantai Jungwok.

Dengan dibentuknya panitia yang baru diharapkan tetap mampu terus menjaga tradisi dan mampu mengemas tradisi ngalangi menjadi daya tarik wisatawan. Dengan dibentuknya panitia yang baru perangkat desa bisa mengikuti kirab budaya dengan berpakaian jawa yang mengiringi sesaji yang dibawa dari Pantai Jungwok menuju Pantai Wediombo.Tidak seperti tahun kemarin hanya beberapa perangkat desa yang mengikuti kirab, dikarenakan beberapa perangkat desa merangkap menjadi panitia.

Tradisi ngalangi sebenarnya jatuh pada Bulan Maret, dikarenakan menurut sesepuh Desa Jepitu bahwa Bulan Maret kurang bagus, sehingga diundur pada 30 April 2015. Sarwana selaku kepala desa menambahkan, tradisi ngalangi merupakan tradisi bagi para nelayan dan petani yang memanfaatkan hasil laut, sehingga nelayan dan petani harus turut serta menjaga tradisi ngalangi ini. Pak sarwana berharap semua perangkat Desa Jepitu ikut mengikuti kirab dengan berpakaian jawa serta ikut mendampingi panitia yang baru. (Rado)

Komentar

Komentar