Warga Dusun Ngembes Buka Jalan Swadaya Sepanjang 1,3 Kilometer

oleh -
Pembangunan jalan secara swadaya di Dusun Ngembes, Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk. Gunungkidul. (KH)

PATUK, (KH),– Warga Dusun Ngembes, Kalurahan Pengkok, kapanewon Patuk, Gunungkidul membuka akses jalan sepanjang 1,3 kilometer secara swadaya. Jalan dengan lebar 3 meter itu sediannya untuk memberikan akses 14 kepala keluarga sekaligus sebagai jalan usaha pertanian.

Kepala Dusun Ngembes, Agus Priyanto mengatakan, pembukaan jalan baru bermula dari keinginan warga RT 03 untuk membuka akses jalan menuju rumah-rumah warga yang berada jauh dari akses jalan raya.

Kadus kemudian menginisiasi dan mengajak warga 6 RT untuk berembug guna merealisasikan pembukaan jalan tersebut.

Pembukaan jalan tersebut terlaksana setelah 17 Kepala keluarga bersedia menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan.

“Warga secara bersama – sama bergotong-royong kerja bakti membuka serta membuat jalan,” kata dia, Selasa, (15/6/2021).

Kelancaran upaya tersebut juga tidak lepas dari bantuan pengusaha kayu asal wilayah setempat, Danu dan Jamin. Mereka berdua menyewa alat berat jenis excavator.

“Jalan tersebut akan mempermudah akses warga ke area persawahan serta lahan pertanian lainnya,” imbuh Agus.

Pihaknya berharap, dengan pembukaan jalan tersebut akan memudahkan akses mobilitas masyarakat sehingga memperlancar usaha pertanian maupun bisnis yang lain yang dijalankan warga sekitar.

“Semoga nanti dapat dibangun hingga tahap pergerasan jalan, entah bagaimana caranya. Semoga ada jalan keluar. Nanti bisa melalui Musdus untuk diusulkan sebagai prioritas pembangunan di desa. Namun juga tidak menutup harapan, semoga ada pihak lain maupun pemerintah daerah bersedia membantu merealisasikan jalan tersebut,” tukas Agus. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar